Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Outline Skripsi dengan Chat GPT dan Contoh Perintahnya

Kompas.com - 28/06/2023, 19:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Karya ilmiah akhir untuk pendidikan tingkat sarjana atau biasa disebut skripsi, terdiri dari beberapa proses dan bagian yang perlu dikerjakan. Dalam proses awal penyusunan skripsi, pengguna biasanya perlu membuat outline atau kerangka tulisan.

Outline skripsi berfungsi untuk mempermudah pengguna melihat gambaran besar dari hal atau poin apa saja yang hendak dibahas. Dalam membuat outline skripsi, pengguna umumnya hanya menulis poin-poin yang hendak dibahas dalam tiap bagian atau bab.

Baca juga: 5 Tips Memanfaatkan ChatGPT untuk Membantu Menghasilkan Uang

Akan tetapi, meski hanya menulis poin utama, membuat outline skripsi bisa dibilang menjadi pekerjaan yang tidak cukup mudah buat dilakukan. Sebab, pengguna perlu memahami pembahasan umum dari skripsinya terlebih dahulu.

Untuk mempermudah membuat outline skripsi, pengguna bisa melihat penelitian atau skripsi terdahulu dengan topik, teori, objek penelitian, atau masalah serupa, sebagai inspirasi atau bahan pertimbangan.

Selain dengan cara itu, ada lagi satu cara yang dapat mempermudah membuat outline skripsi, yaitu menggunakan bantuan dari Chat GPT.

Sebagaimana sudah cukup umum diketahui belakangan ini, ChatGPT adalah program Artificial Intelligence berbasis Language Model yang didesain untuk dapat menjawab atau menanggapi beraneka macam perintah pengguna.

Lewat kemampuan tersebut, pengguna bisa memerintah atau memintah ChatGPT untuk menyajikan kerangka tulisan untuk menyusun skripsi yang telah dikonsepnya. Lantas, bagaimana cara menggunakan Chat GPT untuk membuat outline skripsi?

Cara menggunakan Chat GPT untuk membuat outline skripsi itu cukup mudah. Bila tertarik untuk mencoba program AI buatan OpenAI ini, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat outline skripsi dengan Chat GPT.

Cara membuat outline skripsi dengan Chat GPT

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah pada Chat GPT untuk membuat outline sesuai dengan skripsi yang hendak ditulis.
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Chat GPT menyajikan contoh outline skripsi sesuai permintaan.
  • Chat GPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan.
  • Bila pengguna kurang puas dengan tanggapan yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lain dari tanggapan itu dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara membuat outline skripsi dengan Chat GPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat outline skripsi dengan Chat GPT.

Itulah cara membuat outline skripsi dengan Chat GPT, cukup mudah bukan? Untuk diketahui, dalam menyajikan sebuah tanggapan, Chat GPT bergantung dengan prompt yang diinput pengguna.

Baca juga: Perkembangan ChatGPT hingga Bisa Menjalankan Berbagai Tugas Seperti Sekarang

Contoh prompt Chat GPT untuk membuat outline skripsi

Supaya bisa menyajikan outline skripsi yang sesuai dengan keinginan, pengguna harus memasukan prompt Chat GPT yang tepat. Pengguna harus memasukkan perintah dengan detail supaya dapat dipahami oleh Chat GPT.

Adapun contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai untuk membuat outline skripsi adalah sebagai berikut:

  • Saya adalah mahasiswa jurusan “X”. Saya hendak menulis skripsi dengan judul/tema/topik “ABCD” dengan metode penelitian “Y” dan teori “Z”. Tolong sajikan contoh outline skripsi dengan komposisi tersebut.
  • Buatkan outline skripsi jurusan “X” yang berjudul “ABCD” dari Bab Pendahuluan hingga Bab Kesimpulan. Perlu diperhatikan, skripsi tersebut menggunakan metode penelitian “Y” dan teori “Z”.
  • Tolong susun outline skripsi yang harus dibahas untuk jurusan “X” dengan judul “ABCD” dari Bab Pendahuluan hingga Bab Kesimpulan. Skripsi ini menggunakan teori “X”. Pada Bab Landasan Teori sajikan bagian teori yang harus ditulis secara terperinci sesuai judul.

Itulah contoh prompt Chat GPT untuk membuat outline skripsi. Pengguna tak wajib mengikuti sama persis contoh tersebut. Pengguna dapat menyusun sendiri kata-kata prompt Chat GPT, yang terpenting adalah informasinya detail.

Kemampuan Chat GPT dalam menanggapi berbagai perintah ini dapat memudahkan pengguna untuk menyusun skripsi. Namun, dalam kemudahan tersebut, Chat GPT pada dasarnya punya keterbatasan.

Oleh karena itu, pengguna penting untuk memahami keterbatasan Chat GPT agar dapat menggunakannya dengan tepat dan bijak. Penjelasan mengenai keterbatasan ChatGPT bisa dilihat di bawah ini.

Keterbatasan ChatGPT

ChatGPT masih memiliki potensi untuk menyajikan informasi yang tidak akurat. Oleh karena itu, dalam menyusun skripsi, pengguna hendaknya tidak mengambil langsung informasi yang disampaikan Chat GPT,

Informasi yang disajikan Chat GPT sangat disarankan hanya dipakai sebagai contoh atau bahan mentah untuk menyusun skripsi. Pengguna harus senantiasa memeriksa atau memverifikasi kembali validitas informasi yang disajikan Chat GPT.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Bing AI dan ChatGPT

Kemudian, untuk diketahui pula, ChatGPT punya keterbatasan dalam segi pemahaman informasi atau peristiwa di konteks waktu tertentu. ChatGPT saat ini hanya dibekali pemahaman informasi sampai 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com