BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Ritual Foto Sebelum Makan Pakai Smartphone? Ini 5 Tip Hasilkan Food Photography

Kompas.com - 04/09/2023, 19:15 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di era digital, kuliner dan fotografi seakan sudah menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Hal ini didorong oleh keberadaan smartphone dan media sosial (medsos).

Sebelum menyantap, para pencinta kuliner mengabadikan makanan yang disajikan restoran atau kafe. Foto ini kemudian diunggah di medsos.

Lambat laun, aktivitas tersebut menjadi kebiasaan. Bahkan, beberapa di antaranya menjadikan kegiatan itu sebagai hobi. Karena menjadi hobi, foto yang dihasilkan pun menonjolkan unsur artistik agar “sedap” dipajang di medsos.

Buat kamu yang tertarik menekuni food photography selayaknya profesional, berikut adalah lima tip menghasilkan foto makanan keren menggunakan kamera smartphone.

1. Perhatikan teknik pencahayaan

Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan kualitas suatu gambar, termasuk food photography. Sama seperti jenis fotografi lain, kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari ataupun cahaya ruangan.

Jika memanfaatkan cahaya matahari, pilihlah tempat yang berada di samping jendela. Dari tempat ini, kamu bisa mendapatkan angle sekaligus cahaya alami yang lebih baik.

Baca juga: Tunjukkan Ketajaman Kamera Reno10 Series, Oppo Hadirkan Pop Up Store Berkonsep Miniatur “Hyper-realistic” di Surabaya

Kamu bisa mengambil foto pada pukul 3-4 sore untuk mendapatkan cahaya matahari yang optimal untuk food photography.

Bila memotret pada malam hari, kamu bisa maksimalkan lampu restoran atau kafe. Pilih meja dengan pencahayaan yang minim noise seperti bayangan bersilang.

2. Teknik memotret

Teknik memotret makanan tak boleh diabaikan karena dapat menentukan kualitas serta daya pikat foto yang dihasilkan.

Ada sejumlah teknik yang dapat diterapkan untuk memotret makanan menggunakan smartphone. Pertama, teknik top-shot atau memotret makanan dari atas.

Teknik tersebut menciptakan ketegasan bentuk serta warna dari suatu makanan. Foto yang diambil pun tidak harus secara penuh, baik piring maupun kemasan. Sebaliknya, fokuskan bidikan pada subyek makanan.

Kedua, teknik close-up. Dengan teknik ini, pengambilan foto dilakukan dengan jarak sangat dekat. Hal ini dilakukan untuk menampilkan bagian-bagian tertentu pada makanan secara lebih jelas.

Baca juga: Dapat Sambutan Positif, Ini Varian Oppo Reno10 Series yang Dijual Perdana di Indonesia

Sebelum menggunakan teknik tersebut, pastikan sisi-sisi menarik dari makanan yang ingin ditonjolkan terekspos sempurna. Dengan begitu, efek food porn atau sensasi ingin makan timbul akibat melihat foto tersebut.

Kamu bisa mengandalkan Oppo Reno10 Series untuk keperluan mobile photography, termasuk food photography. Seri teranyar dari lini Reno ini dibekali sejumlah fitur baru fotografi, yakni Ultra-Clear Portrait Camera System.Dok. Oppo Indonesia Kamu bisa mengandalkan Oppo Reno10 Series untuk keperluan mobile photography, termasuk food photography. Seri teranyar dari lini Reno ini dibekali sejumlah fitur baru fotografi, yakni Ultra-Clear Portrait Camera System.

3. Tentukan elemen penting pada makanan

Salah satu godaan yang kerap dihadapi saat memotret adalah hasrat memasukkan semua elemen makanan masuk ke dalam layar. Padahal, tak semua elemen perlu dimasukkan ke dalam frame. Hal tersebut justru dapat mengganggu subyek foto.

Untuk itu, kamu perlu menentukan elemen makanan yang dapat dipotret, seperti piring, sendok, garpu, ataupun gelas. Dari elemen tersebut, tentukan elemen yang ingin ditonjolkan.

4. Potret makanan selagi masih fresh

Agar “sedap” dipandang dan dipajang, kamu perlu memotret makanan selagi masih fresh atau baru disajikan. Sebagai contoh, memotret sup dengan tampilan uap. Untuk mendapatkan efek tersebut, optimalkan waktu sebaik mungkin selama makanan masih hangat.

Oleh karena itu, sebelum memotret, atur setting kamera smartphone serta tentukan angle pengambilan gambar. Dengan begitu, makanan dapat langsung dipotret selagi hangat agar gambar yang dihasilkan makin menggiurkan.

5. Lakukan editing foto

Usai memotret, hal penting yang perlu dilakukan adalah editing. Editing foto bisa membuat foto tampak lebih profesional dan tidak terlihat mentah atau raw.

Baca juga: Oppo Reno10 Pro Plus 5G Hadirkan Kamera Telefoto Portrait Sekelas Kamera Pro

Selain itu, editing foto juga membantu menyembunyikan sejumlah kekurangan kecil pada foto, seperti noda atau properti lain yang terselip masuk ke dalam frame.

Kamu bisa pula mengatur ulang pencahayaan, seperti tingkat kontras dan kecerahan. Filter pun bisa ditambahkan pada proses ini agar foto makanan lebih artistik.

Itulah lima tip memotret makanan menggunakan kamera smartphone. Mudah bukan? Kamu dapat menerapkan tip tersebut agar unggahan kuliner di medsos makin menarik.

Oppo Reno10 Series resmi meluncur di pasar smartphone Indonesia.Dok. Oppo Oppo Reno10 Series resmi meluncur di pasar smartphone Indonesia.

Selain tip di atas, hal tak kalah penting adalah perangkat smartphone yang hendak digunakan untuk memotret makanan.

Kamu bisa mengandalkan Oppo Reno10 Series untuk keperluan mobile photography, termasuk food photography. Seri teranyar dari lini Reno ini dibekali sejumlah fitur baru fotografi, yakni Ultra-Clear Portrait Camera System.

Teknologi tersebut terdiri dari kamera portrait telefoto dengan sensor besar, kamera utama ultra-clear, kamera selfie ultra-clear, serta kamera ultra-wide 112 derajat kualitas wahid.

Trio Oppo Reno10 Series

Salah satu varian Oppo10 Series yang dapat dipertimbangkan adalah Oppo Reno10 5G. Meski varian paling “ragil”, smartphone ini tetap memiliki spesifikasi kamera mumpuni.

Baca juga: Hadirkan Euforia Wimbledon 2023 ke Tanah Air, Oppo Luncurkan Find N2 Flip dan Enco X Wimbledon Special Edition

Kamera pada smartphone tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi Ultra-Clear Portrait Camera System dan 2x Telephoto Portrait Camera.

Selain itu, ada pula kamera portrait 32 MP dengan zoom optik 2x, serta sensor besar RGBW IMX709. Sensor hasil kerja sama Oppo dan Sony ini memiliki resolusi paling tinggi yang pernah ada pada smartphone di kelas yang sama dengan Reno10 5G.

Kamera pada Oppo Reno10 5G dilengkapi dengan teknologi ultra-clear portrait camera system dan 2x telephoto portrait camera.Dok. Oppo Kamera pada Oppo Reno10 5G dilengkapi dengan teknologi ultra-clear portrait camera system dan 2x telephoto portrait camera.

Sensor RGBW terbaru tersebut mengalami peningkatan 60 persen pada sensitivitas cahaya serta pengurangan noise hingga 35 persen ketimbang sensor terdahulu.

Smartphone tersebut juga dilengkapi dengan Mode Portrait untuk menghasilkan efek bokeh yang realistis. Foto portrait yang dihasilkan pun mirip seperti diambil dari kamera profesional.

Dari segi performa pun terbilang kuat lantaran didukung chipset MediaTek Dimensity 7050 dan RAM 8 GB. Ponsel pintar ini juga dibekali sistem ColorOS 13 untuk memberikan pengalaman pengguna yang cerdas dan aman.

Dari sektor baterai, ponsel pintar besutan teranyar Oppo itu memiliki kapasitas 5.000 mAh dan pengisian daya 67W SuperVOOC.

Baca juga: Oppo Reno 10 Bisa Jadi Remot TV dan AC, Ini Caranya

Selain itu, ada pula Oppo Reno10 Pro 5G. Ponsel pintar ini juga mengusung keunggulan pada portrait photography, yakni Ultra-Clear Portrait Camera System dan 2x Telephoto Portrait Camera. Teknologi ini dapat mengambil foto beresolusi tinggi dengan hasil portrait alami yang jernih tanpa distorsi.

Guna menunjang kebutuhan pengguna, Oppo Reno10 Pro 5G dibekali tiga kamera belakang dengan kamera utama ultra-clear 50 MP. Ponsel pintar ini memiliki desain trendi nan memukau. Saat digenggam, ponsel terasa lebih nyaman.

Agar performa optimal, smartphone tersebut dibekali chipset gahar dari Qualcomm, yakni Snapdragon™ 778G 5G Mobile Platform dan sistem antarmuka ColorOS13.

Dari sektor daya, Oppo Reno10 Pro 5G juga punya kapasitas sebesar 5.000 mAh dengan pengisian daya 80W SuperVOOC Flash Charge dan chip manajemen daya SuperVOOC S milik Oppo.

Kemudian, varian tertingginya adalah Oppo Reno10 Pro+ 5G. Ponsel ini merupakan paket lengkap karena mengusung teknologi yang biasa hadir di kelas flagship.

Oppo Reno10 Pro+ 5G. Dok. Oppo Oppo Reno10 Pro+ 5G.

Bodi ponsel tersebut memiliki desain yang cantik, premium, dan ramping. Bobotnya pun ringan sehingga nyaman digenggam.

Baca juga: Harga Oppo Reno 10 5G dan Spesifikasinya di Indonesia

Fitur kameranya pun lebih gahar lantaran dibekali fitur Ultra-Clear Portrait Camera System 50 MP, sensor IMX890, serta teknologi Optical Image Stabilization (OIS). Teknologi kamera ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto seperti kalangan profesional.

Untuk memberikan performa paripurna, Oppo pun menyematkan chipset kelas flagship, yakni Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform dan sistem pendingin tercanggih.

Dari segi daya, Oppo Reno10 Pro+ 5G dibekali baterai kapasitas sebesar 4.700 mAh dengan pengisian daya SuperVOOC 100W supercepat. Dengan pengisian daya ini, baterai Oppo Reno10 Pro+ 5G diklaim dapat terisi hingga 50 persen hanya dalam waktu 9 menit 30 detik.

Pppo hadirkan beragam penawaran pada pembelian Oppo Reno10 Series.Dok. Oppo Pppo hadirkan beragam penawaran pada pembelian Oppo Reno10 Series.

Sebagai informasi, kamu bisa mendapatkan Oppo Reno10 Series secara offline di sejumlah gerai, seperti Oppo Gallery, Oppo Store, dan seluruh rekanan toko resmi Oppo di seluruh Indonesia. Sementara, pembelian secara online bisa dilakukan di Oppo Online Store.

Harga dari masing-masing varian pun berbeda. Oppo Reno10 5G dibanderol Rp 5.999.000. Sementara, Oppo Reno10 Pro 5G memiliki harga Rp 7.999.000 dan Oppo Reno10 Pro+ 5G seharga Rp 10.999.000.

Untuk informasi lebih lengkap seputar Oppo Reno10 Series, klik tautan berikut

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com