Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "eFootball 2024" Meluncur, Bisa Dimainkan Gratis

Kompas.com - 07/09/2023, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Konami

KOMPAS.com - Developer sekaligus penerbit game asal Jepang, Konami, merilis game sepak bola "eFootball 2024" untuk iOS, Android, komputer (PC), PlayStation 5 (PS5), PlayStation 4 (PS4), Xbox Series X/S, dan Xbox One.

Game ini sejatinya hadir sebagai pembaruan (update) besar-besaran versi 3.0.0, dari "eFootball 2023".

Jadi, pengguna yang sudah pernah mengunduh "eFootball 2023" tinggal melakukan update, sedangkan mereka yang belum pernah, harus menginstal "eFootball 2024" dari nol.

Tak sekadar mengubah nama, game rebrand dari "Pro Evolution Soccer (PES)" ini juga menghadirkan sederet fitur baru, contohnya "Boosters". Fitur ini mampu meningkatkan statistik atlet sepak bola sehingga melebihi angka 99.

Fitur baru eFootball 2024 bernama BoosterseFootball Fitur baru eFootball 2024 bernama Boosters
Ada tiga tipe Booster yang sudah diumbar, yakni "Free-kick Taking", "Technique", dan "Agility".

Setiap Booster ini meningkatkan statistik yang berbeda, contohnya saja "Agility" yang meningkatkan kebolehan atlet dalam aspek kecepatan, akselerasi, keseimbangan, dan stamina.

Ke depannya, Konami akan memperkenalkan lebih banyak Booster, sehingga pemain andalan gamer bisa memiliki performa yang lebih baik di lapangan.

Baca juga: 16 Game Baru PS4 dan PS5 Rilis September, Ada Baldurs Gate 3 dan NBA 2K24

Berikutnya, terdapat peningkatan gameplay untuk "eFootball 2024", mulai dari aspek "Attacking" hingga "Goalkeeping". Salah satunya adalah sistem dribble dan kontrol bola yang lebih responsif, sehingga pemain nantinya bisa "menggocek" musuh dengan lebih mulus.

Kemudian, "eFootball 2024" menghadirkan peningkatan di sektor animasi, misalnya ketika bek menghadang bola, atau ketika kiper menangkis bola.

Ada pula perubahan kecerdasan buatan (AI) saat pemain sedang menjajal mode versus AI. Kini, atlet di tim AI akan membuat keputusan yang lebih tepat, sesuai dengan situasi di lapangan.

Mereka mampu melakukan berbagai tindakan seperti menerobos pertahanan musuh dengan tipuan (feint), menggiring bola sambil dengan intensitas yang lebih tinggi, atau melakukan umpan tinggi kepada rekannya.

Tampilan eFootball di iOS dan AndroidGoogle Play Tampilan eFootball di iOS dan Android

Nah, kemampuan AI ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan dalam game, sehingga pemain tidak kewalahan ketika dihadapi dengan AI yang baru.

Dalam pembaruan versi 3.0.0 ini, Konami menyesuaikan sistem "Form" dan "Condition", yakni kondisi mental dan fisik atlet yang berpengaruh pada performa mereka di lapangan.

Kali ini, atlet dengan form "Standard" dan "Inconsistent" sering berada dalam kondisi "Poor", sehingga pemain cenderung tidak memilih mereka sebagai pemain pengganti, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Konami, Kamis (7/9/2023):

Di "eFootball 2024", probabilitas munculnya kondisi "Poor" ketika atlet memiliki form "Standard" dan "Inconsistent" dikurangi. Dengan begitu, pilihan pemain pengganti lebih leluasa, karena minimnya atlet dengan kondisi "Poor".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com