Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meta Siapkan Chatbot AI Baru seperti ChatGPT

Kompas.com - 11/09/2023, 12:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Meta Platforms Inc. (dulu Facebook Inc.) sedang gencar model kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk beberapa skenario penggunaan.

Menurut laporan The Wall Street Journal, Meta bakal menciptakan chatbot AI baru. Model bahasa besar (large language model/LLM) yang dipakai chatbot AI Meta ini disebut akan memiliki kemampuan yang menyamai LLM GPT-4 di ChatGPT OpenAI.

GPT-4 kini menjadi model bahasa terpintar dan tercanggih OpenAI yang bisa digunakan oleh pengguna ChatGPT berbayar.

GPT-4 diklaim lebih cerdas dan dapat menjawab sejumlah pertanyaan dan perintah pengguna yang lebih kompleks dibanding pendahulunya, GPT-3.5. GPT-4 disebut bisa menampung sekitar 25.000 kata dalam sekali pemrosesan, sekitar delapan kali lebih banyak dibanding versi sebelumnya.

Baca juga: ChatGPT Butuh Sebotol Air Mineral untuk Setiap 5 Pertanyaan

Di samping itu, GPT-4 juga disebut lebih pintar, akurat, kreatif, dan kini dapat merespons pertanyaan pengguna yang berasal dari sebuah gambar di ChatGPT.

Nah, demi bisa menyaingi kecerdasan GPT-4 di ChatGPT, Meta disebut membangun pusat data (data center). Induk perusahaan Facebook, WhatsApp, dan Instagram itu juga dilaporkan membeli lebih banyak chip pengolah grafis (GPU) H100 bikinan Nvidia, untuk melatih chatbot AI barunya.

GPU Nvidia H100 ini juga digunakan oleh OpenAI untuk training kecerdasan buatan, sebagaimana dilaporkan The Wall Street Journal.

Tidak hanya itu, Meta juga disebut meningkatkan infrastruktur cloud miliknya, sehingga tidak perlu bergantung pada platform cloud Azure Microsoft untuk melatih chatbot baru.

Perusahaan yang dirintis oleh Mark Zuckerberg ini konon membentuk sebuah kelompok awal tahun 2023 ini untuk membangun model AI tersebut. Tujuannya untuk mempercepat pembuatan alat AI yang dapat meniru ekspresi manusia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (11/9/2023).

Baca juga: ChatGPT Kini Bisa Desain Logo, PPT, dan Iklan Pakai Template Canva

Meta telah meluncurkan model kecerdasan buatan AI untuk beberapa kasus penggunaan di tahun 2023 ini.

Misalnya, AudioCraft untuk membuat musik/lagu, SeamlessM4T untuk menerjemahkan tulisan/suara, Code Llama untuk membuat deretan kode pemrograman dengan bahasa yang sederhana, NLLB-200 untuk menerjemahkan 200 bahasa berbeda, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com