Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft "Suntik Mati" Ponsel Lipat Surface Duo

Kompas.com - 12/09/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft menyetop dukungan pembaruan perangkat lunak (software update) untuk ponsel lipat Surface Duo generasi pertama pada. Minggu (10/9/2023). Dengan begitu, ponsel lipat yang dirilis pada 10 September 2020 ini tidak akan mendapatkan upgrade Android dan pembaruan keamanan lagi.

Dalam laman resmi Microsoft Support, ponsel lipat Surface Duo generasi pertama pertama kali dirilis dengan Android 10. Ponsel lipat ini menerima pembaruan Android dan keamanan untuk terakhir kalinya pada 10 September 2023, atau tepat tiga tahun setelah dirilis.

Artinya, Microsoft secara resmi menjatuhkan "hukuman mati" pada Surface Duo hanya setelah mendapatkan dua upgrade Android utama, yakni Android 12 (2021) dan Android 13 (2022). Ponsel lipat ini tidak akan mendapatkan upgrade Android 14.

Baca juga: Ponsel Android Lipat Microsoft Surface Duo 2 Meluncur, Harga Rp 21 Juta

Meski sudah tak dapat update, pengguna tetap bisa menggunakan ponsel lipat bertenaga chip Qualcomm Snapdragon 855 tersebut.

Microsoft juga sudah mengumumkan "vonis mati" untuk penerus Surface Duo generasi pertama, yakni Surface Duo 2. Ponsel lipat yang dirilis pada 21 Oktober 2021 ini bakal berhenti mendapatkan update Android dan keamanan pada 21 Oktober 2024, tepat tiga tahun setelah dirilis.

Microsoft diktehui hanya mendukung pembaruan Android dan keamanan selama tiga tahun bagi perangkat Surface Duo, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Microsoft, Selasa (12/9/2023).

Durasi dukungan software yang disediakan Microsoft ini terbilang lebih singkat dibandingkan vendor smartphone lain pada umumnya. Pasalnya, vendor smartphone lain biasanya menawarkan upgrade Android utama selama tiga generasi, serta pembaruan keamanan selama empat hingga lima tahun.

Spesifikasi Surface Duo (2020)

Kedua layar Surface Duo masing-masing memiliki panel OLED berdiagonal 5,6 inci dengan resolusi 1.800 x 1.350 piksel (rasio aspek 4:3). Ketika perangkat dibentangkan, dua layar ini menyediakan area display seluas 8,1 inci (2.700 x 1.800 piksel, rasio aspek 3:2).

Ponsel lipat Surface Duo saat difungsikan seperti laptop, berikut stylus Surface PenMicrosoft Ponsel lipat Surface Duo saat difungsikan seperti laptop, berikut stylus Surface Pen
Layar Surface Duo ikut dilapis kaca pelindung Gorilla Glass dan dirancang untuk bekerja layaknya komputer desktop yang memiliki dua monitor.

Baca juga: Microsoft Pensiunkan WordPad Setelah 30 Tahun

Salah satu layar bisa juga dipakai sebagai "monitor" dalam orientasi lansekap (horisontal), dan layar lain sebagai keyboard seperti laptop. Karena terdiri dari dua layar terpisah, aplikasi Android apapun bisa langsung berjalan di Surface Duo tanpa butuh modifikasi.

Surface Duo turut mendukung aksesori pena bernama Surface Pen yang juga digunakan oleh perangkat Surface lain seperti Surface Pro. Dari segi hardware, ponsel ini ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 855 dengan kapasitas RAM dan media penyimpanan 6 GB/256 GB.

Untuk aspek fotografi, Surface Duo hanya memiliki satu kamera utama dengan sensor 11 MP (f/2.0) dan turut dibekali beberapa fitur seperti auto modes for low light, HDR multi-frame, 7x super zoom, dan perekaman video 1080p (30fps/60fps) dan 4K.

Dengan baterai berkapasitas 3.577 mAh, Microsoft mengklaim bahwa ponsel ini dapat digunakan untuk pemutaran video hingga 15,5 jam, dan waktu pemakaian saat panggilan suara selama 27 jam.

Aplikasi seperti Microsoft Teams dan PowerPoint juga dioptimalkan untuk memungkinkan pengguna ketika melakukan video call sembari melihat slide presentasi secara bersamaan.

Di Amerika Serikat, Surface Duo dijual seharganya 1.399 dollar AS atau sekitar Rp 20,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com