Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Fitur Microsoft Word dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 03/09/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Fitur Microsoft Word bisa dibilang merupakan pengetahuan dasar yang perlu diketahui pengguna. Pengetahuan atas fitur Microsoft Word mungkin terdengar sederhana. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah paham fitur Microsoft Word.

Pengguna yang sudah mahir mengoperasikan aplikasi pengolah kata itu mungkin sudah memahami dengan baik fitur Microsoft Word. Namun, pengguna yang baru ingin belajar bisa jadi belum terlalu paham fitur Microsoft Word.

Baca juga: 3 Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word Agar Dukumen Lebih Rapi

Pengetahuan atas fitur Microsoft Word diperlukan supaya dapat mengoperasikan aplikasi ini dengan baik untuk tujuan tertentu. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap fitur Microsoft Word.

Lantas, fitur-fitur apa saja yang ada di dalam Microsoft Word? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa fitur utama yang terdapat dalam Microsoft Word.

Fitur Microsoft Word

Microsoft Word memiliki tugas utama untuk mengolah kata. Dikutip dari Geeks for Geeks, dalam melakukan tugas pengolahan kata, terdapat beberapa fitur yang menyertai, yang antara lain meliputi:

1. Penulisan kata secara cepat

Microsoft Word memungkinkan pengguna untuk menulis kata per kata dengan cepat karena tidak ada jeda yang berarti antara memasukkan huruf dari keyboard dan memuatnya di lembar kerja Microsoft Word.

2. Edit teks

Terdapat beberapa fitur edit atau menyunting teks, seperti menghapus, menyisipkan, mengubah, dan masih banyak lagi, yang bisa diakses secara mudah di Microsoft Word.

3. Menyimpan dokumen (Save)

Fitur Save memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan dokumen hasil olahan dari Microsoft Word dan membuka atau mengaksesnya lagi kapan saja.

4. Format teks

Microsoft Word punya fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat teks dalam berbagai bentuk dan gaya, seperti cetak tebal, miring, bergaris bawah, dan terdapat beraneka macam pilihan font.

5. Penambahan media

Microsoft Word memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan file media seperti video dan gambar, ke dokumen.

6. Penambahan tabel

Microsoft Word memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan tabel ke dokumen.

7. Penambahan grafik

Microsoft Word memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan grafik ke dokumen.

8. Penerjemahan

Microsoft Word memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan bahasa dari beberapa teks atau satu dokumen sekaligus.

9. Pengaturan paragraf

Microsoft Word memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengatur paragraf yang hendak dibuat untuk tampil dengan rata kiri, rata kanan, rata tengah, atau rata kanan-kiri.

10. Menghapus kesalahan pengetikan

Di Microsoft Word, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna dapat menghapus kata, baris, atau paragraf dengan sekali tekan dan sisanya akan muncul secara otomatis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com