Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android Lipat Microsoft Surface Duo 2 Meluncur, Harga Rp 21 Juta

Kompas.com - 23/09/2021, 08:09 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft tampaknya belum menyerah membuat produk ponsel lipat (foldable phone) bikinan mereka sendiri.

Kini, perusahaan yang dirintis Bill Gates tersebut resmi meluncurkan Surface Duo 2, suksesor dari ponsel Android lipat generasi pertama, Surface Duo yang diperkenalkan September tahun lalu. 

Sebagai generasi terbaru, Surface Duo 2 mengususng OS Android 11 dan dibekali dengan beragam fitur anyar, salah satunya adalah kehadiran chipset terkini Qualcomm Snapdragon 888 yang memiliki dukungan 5G.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Galaxy Z Flip 3, Ponsel Lipat Mini Terbaru Samsung

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB dan dua opsi media penyimpanan, 128 GB dan 512 GB.

Selain peningkatan hardware, aspek fotografi pada Surface Duo 2 juga ikut diperbarui.

Alih-alih satu kamera belakang di generasi sebelumnya, Surface Duo 2 kini dibekali dengan tiga kamera belakang yang disusun secara vertikal, dalam sebuah modul persegi yang menyerupai Galaxy Fold.

Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.7, OIS) kamera ultrawide 16 MP (f/2.2), dan kamera telephoto 12 MP (f/2.4, OIS, 2x optical zoom). Di bagian depannya, terdapat pula kamera selfie beresolusi 12 MP (f/2.0).

Microsoft Surface Duo 2 dalam beberapa mode lipatan.TheVerge Microsoft Surface Duo 2 dalam beberapa mode lipatan.

Secara desain, Surface Duo 2 dibekali dengan dua layar seperti ponsel lipat macam Galaxy Z Fold 3, yaitu layar utama yang bisa diakses ketika ponsel dibentangkan (unfolded) dan layar di bagian depan yang bisa digunakan ketika ponsel dilipat (folded).

Layar utama Surface Duo 2 mengusung panel AMOLED Dual PixelSense Fusion Display berukuran 8,3 inci dengan resolusi 2.688 x 1.892 piksel.

Baca juga: Samsung Pamerkan Ponsel Layar Lipat Tiga

Layar di bagian depan sendiri mengadopsi panel AMOLED Single PixelSense Screen dengan ukuran 5,8 inci dan resolusi 1.344 x 1.892 piksel.

Kedua layar ini sudah dibekali dengan teknologi refresh rate 90 Hz, tingkat kecerahan hingga 800 nits, serta kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Untuk mode lipatannya, Surface Duo 2 bisa dilipat ke dalam atau ke dalam layaknya sebuah buku, serta dilipat setengah dan didirikan layaknya sebuah tenda, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Menariknya, Surface Duo ini mendukung stylus yang bisa digunakan di seluruh produk Surface generasi terbaru, yakni Surface Slim Pen 2, yang bisa ditempelkan di bagian punggung perangkat.

Baca juga: Xiaomi Rilis Ponsel Lipat Pertama Mi Mix Fold, Harga Rp 20 Jutaan

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Kamis (23/9/2021), ponsel lipat ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dan dibekali dengan dual battery berkapasitas 4.449 mAh yang diklaim kuat menemani pengguna "seharian penuh".

Di AS, Microsoft menjual Surface Duo 2 dengan harga 1.500 dolar AS atau sekitar Rp 21,3 juta, lebih terjangkau dibanding kompetitornya Galaxy Z Fold 3 yang dibanderol dengan harga termurah 1.800 dolar AS (sekitar Rp 25,7 juta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com