Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Favorit Pengusaha di Galaxy Z Fold 5, Multi Window dan Taskbar

Kompas.com - 15/09/2023, 15:40 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy Z Fold 5 datang dengan sejumlah fitur anyar yang membuat pengguna produk sebelumnya tak berpikir lama untuk melakukan upgrade. Salah satunya adalah Raymond Chin, seorang pengusaha sekaligus kreator konten.

Raymond merupakan pengguna ponsel lipat Samsung, Galaxy Z Fold 4 yang dirilis tahun lalu. Alasan utama dia memilih ponsel lipat tersebut adalah fitur multitasking yang sesuai dengan kebutuhannya.

"Saya telah menggunakan foldable Samsung sejak Galaxy Z Fold 4. Kini, dengan advanced multitasking di Galaxy Z Fold5, saya langsung memutuskan untuk upgrade," kata Raymond.

Raymond mengungkapkan, Multi Window merupakan salah satu fitur yang menjadi favoritnya di Galaxy Z Fold 5.

"(Multi Window) yang memudahkan saya dalam melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dengan lancar. Yang paling sering saya buka di tiga jendela adalah aplikasi chat, aplikasi saham untuk mengecek pasar saham harian, dan Google Meet untuk meeting,” jelas Raymond dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Jumat (15/9/2023).

Ilustrasi fitur Multi-Window di Galaxy Z Fold 5Samsung Indonesia Ilustrasi fitur Multi-Window di Galaxy Z Fold 5

Seperti namanya, Multi Window merupakan fitur yang memungkinkan perangkat membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu jendela yang sama. Kemampuan ini memudahkan pengguna mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam satu waktu.

Maka dari itu, menurut Raymond, fitur Multi Window menjadi salah satu fitur andalan yang bisa dipakai untuk memaksimalkan waktu bekerja. Dikarenakan fitur yang ditawarkan sesuai dengan profesinya sekarang, pekerjaan yang menuntut banyak multitasking.

Fitur Taskbar baru

Adapun fitur kedua yang digunakan oleh Raymond adalah Taskbar. Fitur ini sejatinya sudah ada di Galaxy Z Fold 4. Hanya saja terdapat beberapa peningkatan, seperti kustomisasi taskbar dan jumlah ikon aplikasi yang dapat ditampung.

Taskbar di Galaxy Z Fold 5 kini mampu menyimpan empat aplikasi yang diakses pengguna terakhir kali. Pengguna dapat melakukan kustomisasi ikon aplikasi yang dimunculkan, menyesuaikan kebutuhan.

Baca juga: 5 Fitur Unggulan Samsung Galaxy Z Fold 5, Tak Cuma Desain yang Lebih Ramping

Berdasarkan penuturan Raymond, kebaruan dari fitur Taskbar memudahkannya berpindah antar-aplikasi dengan praktis. Mulai dari peramban, e-mail, video streaming, document viewer, media sosial, melakukan riset, evaluasi kinerja perusahaan, dan sebagainya.

Kemudahan berpindah antar-aplikasi juga mempercepat waktu kerjanya dalam mengembangkan model bisnis, mencari inspirasi di internet ataupun media sosial, meninjau kinerja setiap karyawan secara spesifik lewat dokumen, dan masih banyak lagi.

Main game di Z Fold 5

Ilustrasi CEO startup (perusahaan rintisan) Ternak Uang, Raymond Chin yang sedang menggunakan Galaxy Z Fold 5Samsung Indonesia Ilustrasi CEO startup (perusahaan rintisan) Ternak Uang, Raymond Chin yang sedang menggunakan Galaxy Z Fold 5

Selain menggunakan ponselnya untuk bekerja, bos startup ini juga kerap meluangkan waktunya untuk bermain game di Galaxy Z Fold 5.

Raymond mengaku menikmati bermain game menggunakan Galaxy Z Fold 5. Game-game berat dengan setting grafik tertinggi, menurut Raymond, dapat dimainkan tanpa kendala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com