Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Engsel Baru, Samsung Galaxy Z Fold 5 Lebih Rapat Dibanding Z Fold 4

Kompas.com - 29/07/2023, 08:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Fold 5 meluncur global pada Rabu, (26/7/2023). Salah satu peningkatan yang dibawa ponsel lipat ini adalah mekanisme engsel atau hinge yang baru.

Samsung mengatakan bahwa Galaxy Z Fold 5 kini mengusung kontruksi engsel baru bernama "Flex Hinge".

Berkat Flex Hinge, layar utama Galaxy Z Fold 5 kini dapat menutup dengan rapat sempurna ketika dilipat. Dengan begitu tidak ada celah lagi di antara kedua sisi layar utama dalam keadaan terlipat.

Hal ini berbeda dengan desain engsel lama di Samsung Galaxy Z Fold 4 (2022). Ketika dilipat, Galaxy Z Fold 4 tidak rapat dan masih memiliki rongga di antara dua sisi layar utamanya, seperti gambar di bawah.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold 5 di Indonesia Semua Model

(Kiri-kanan) Perbedaan konstruksi engsel pada Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Fold 5. Mekanisme engsel yang baru membuat Galaxy Z Fold 5 dapat tertutup lebih rapat ketika dilipatKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Perbedaan konstruksi engsel pada Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Fold 5. Mekanisme engsel yang baru membuat Galaxy Z Fold 5 dapat tertutup lebih rapat ketika dilipat
Selain membuat lipatan lebih rapat, Flex Hinge yang baru ini juga berperan dalam aspek daya tahan (durability) Samsung Z Fold 5.

Melalui halaman Samsung Newsroom, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (29/7/2023), Samsung mengungkapkan bahwa Flex Hinge merupakan modul engsel terintegrasi yang memiliki struktur rel ganda.

Dengan desain ini, tekanan eksternal pada engsel diharapkan dapat diredam dan tersebar, tak hanya terfokus pada satu rel engsel.

Lebih ringkas

Perbedaan modul kamera belakang Galaxy Z Fold 4 (kiri) dan Galaxy Z Fold 5 (kanan)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Perbedaan modul kamera belakang Galaxy Z Fold 4 (kiri) dan Galaxy Z Fold 5 (kanan)
Hilangnya celah lipat berkat Flex Hinge ini juga membuat Samsung Galaxy Z Fold 5 semakin tipis dan ringan.

Samsung Galaxy Z Fold 5 kini memiliki ketebalan 13,4 mm, lebih tipis dibanding Samsung Z Fold 4 dengan ketebalan 15,8mm. Bobot Galaxy Z Fold 5 kini 253 gram, lebih ringan dari Galaxy Z Fold 4 (263 gram).

Desain lipatan yang semakin rapat ini juga semakin meminimalisasi debu atau kotoran masuk ke sela-sela layar utama saat terlipat.

Saat ini, ponsel ini hanya memiliki sertifikat ketahanan terhadap air dengan IP rating IPX8. Artinya, perangkat ini mampu menahan tekanan air tawar atau air segar di kedalaman lebih dari 1,5 meter dengan durasi maksimal 30 menit.

Selain desain engsel, Samsung Z Fold 5 juga membawa peningkatan di sektor hardware dengan ditanamkannya chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 5 Edisi Nusantara Langsung Ludes Terjual

Adapun spesifikasi kunci Samsung Galaxy Z Fold 5 meliputi layar utama 7,6 inci, layar sekunder 6,2 inci, tiga kamera belakang, baterai 4.400 mAh, RAM 12 GB, storage hingga 1TB, hingga dukungan 5G.

Samsung Galaxy Z Fold 5 sudah bisa dipesan di Indonesia mulai 26 Juli hingga 17 Agustus. Adapun harga Samsung Z Fold 5 di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Samsung Galaxy Z Fold 5 (12/256 GB): Rp 25 juta
  • Samsung Galaxy Z Fold 5 (12/512 GB): Rp 27 juta
  • Samsung Galaxy Z Fold 5 (12 GB/1 TB): Rp 30 juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com