Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mengatasi "This Song is Currently Unavailable" di Instagram Reels

Kompas.com - 16/06/2023, 18:04 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Instagram Reels salah satu fitur yang membantu pengguna berkreasi membuat video. Di IG Reels pengguna juga bisa menambahkan musik untuk mengiringi video agar lebih menarik.

Cara menambahkan musik di Reels Instagram juga mudah. Anda cukup klik ikon musik di menu bar atas dan memilih lagu yang diinginkan. Namun tak jarang pengguna mengalami beberapa eror yang terjadi. Salah satunya musik yang hilang tiba-tiba setelah mengunggah Reels.

Umumnya IG Reels akan muncul keterangan "This Song is Currently Unavailable". Dilansir dari Ins.co, penyebab munculnya eror ini dikarenakan beberapa hal. Mulai dari Instagram yang mengalami bug, aplikasi belum diperbarui, musik yang tidak tersedia di wilayah atau lokasi Anda, hingga Instagram menghapusnya karena pelanggaran hak cipta.

Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki Instagram "This Song is Currently Unavailable".

Baca juga: Trik Bikin Instagram Reels Lebih Menarik, Ini 5 Caranya

Periksa koneksi internet Anda

Salah satu faktor penyebab bisa jadi karena koneksi internet di area Anda tidak stabil. Maka dari itu, cek koneksi internet Anda dan cobalah me-restart koneksi internet. Matikan jaringan WiFi atau koneksi data Anda lewat menu bar atas. Tunggu beberapa menit, kemudian aktifkan kembali.

Cek update aplikasi Instagram

Instagram yang mengalami bug atau eror bisa jadi karena pengguna lupa melakukan update terbaru versi Instagram. Maka dari itu, buka toko aplikasi Google Play Store atau App Store untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Setelah melakukan update aplikasi, buka kembali Instagram dan jalankan IG Reels kembali.

Instal dan uninstal aplikasi kembali

Seperti pada ulasan sebelumnya, masalah "This Song is Currently Unavailable" bisa jadi karena terjadi bug di aplikasi Instagram Anda. Apabila tidak dapat memperbarui aplikasi, maka cobalah untuk menginstal ulang aplikasi.

  • Buka pengaturan/setelan
  • Pilih "App" > "Kelola Aplikasi"
  • Pilih "Instagram"
  • Klik "Uninstall"
  • Selanjutnya, menuju toko aplikasi Google Play Store atau App Store
  • Instal ulang kembali Instagram
  • Buka dan login menggunakan username dan password Instagram
  • Pilih Instagram Reels dan cobalah kembali untuk memasukkan musik di IG Reels Anda

Hapus data cache Instagram

  • Masuk ke menu "Setelan/Pengaturan"
  • Pilih "Kelola Aplikasi"
  • Klik "Instagram"
  • Selanjutnya, pilih "Hapus data"
  • Pilih "Bersihkan cache"

Menggunakan aplikasi edit video

Apabila saat mengunggah video Reels Instagram musik tiba-tiba tidak ada, cobalah dengan menambahkannya secara manual di aplikasi edit video. Salah satunya menggunakan aplikasi CapCut. Cara mengedit video dengan CapCut dapat Anda telusuri di artikel berikut ini.

Mengganti dengan musik lain

"This Song is Currently Unavailable" muncul bisa jadi disebabkan karena Instagram telah menghapus musik tersebut karena pelanggaran hak cipta. Anda dapat mengatasinya dengan mengunggah kembali video Reels Anda dan menggantinya dengan musik lain.

Baca juga: Begini Cara Melihat Reels Instagram yang Pernah Di-like dengan Mudah

Demikian cara mengatasi "This Song is Currently Unavailable" di Instagram Reels. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com