Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Luncurkan ChromeOS 117, Kini Bergaya "Material You"

Kompas.com - 30/09/2023, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google resmi menggelontorkan versi terbaru dari sistem operasi (OS) laptop Chromebook, yaitu ChromeOS 117.

Pembaruan ini menghadirkan sejumlah fitur anyar, salah satunya adalah desain Material You yang menghiasi sejumlah elemen visual ChromeOS. 

Untuk fitur Quick Settings, misalnya, kini memiliki desain yang lebih segar, lantaran ikon-ikon notifikasi kini dibuat lebih jelas dan besar.

Tampilan bilah notifikasi Chromebook ini juga lebih sederhana, serta lebih rapi karena ikon-ikon yang ada di dalamnya kini tak berbentuk elips, melainkan memiliki desain persegi yang keempat ujungnya membulat (rounded).

Desain Material You ini juga memindahkan tombol power, status baterai, serta ikon "Settings" ke bagian bawah tampilan Quick Settings. 

Lalu, tampilan slider volume dan brightness layar juga kini berubah, serta dihiasi dengan ikon "Live Caption" untuk volume dan "Dark Mode" untuk brightness, sebagaimana tampak pada gambar sebelah kanan di bawah.

Ilustrasi Quick Settings di ChromeOS versi lama (kiri) dan baru ChromeOS 117 (kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Quick Settings di ChromeOS versi lama (kiri) dan baru ChromeOS 117 (kanan).

Baca juga: Apple Bikin Laptop MacBook Murah Pesaing Chromebook?

Selain ikon dan tampilan bilah notifikasi, ChromeOS 117 juga hadir dengan pembaruan tampilan Calendar View yang bisa diakses dari ikon notifikasi di bagian bawah kanan perangkat.

Kini, tampilan tiap jadwal di kalender akan dibekali dengan tombol "Join", apabila jadwal tersebut disertai dengan informasi terkait rapat online.

ChromeOS 117 juga kini akan menyesuaikan tampilan atau tema keseluruhan sesuai dengan warna gambar (wallpaper) yang sedang dipasang. Warna layar juga kini juga akan bisa ditampilkan secara akurat untuk para pengguna disabilitas. 

Fitur anyar lainnya di pembaruan ChromeOS 117 mencakup fitur pencari gambar GIF, perekaman video timelapse, Adaptive Charging untuk melakukan penyesuaian pengisian daya baterai sesuai dengan kebiasaan pengguna, dan masih banyak lagi. 

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Sabtu (30/9/2023), ChromeOS 117 sudah tersedia dan mulai digelontorkan secara bertahap kepada seluruh pengguna Chromebook mulai pekan ini.

Informasi selengkapnya mengenai ChromeOS 117 bisa dilihat dalam blog resmi Google di tautan berikut ini.

Baca juga: Google Resmi Merilis ChromeOS Flex, Hidupkan Laptop Lawas Jadi Chromebook

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com