Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Cek Keaslian E-meterai di Dokumen Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023

Kompas.com - 01/10/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Peserta pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 (pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2023) kiranya perlu untuk mengetahui cara cek keaslian e-meterai atau meterai elektronik di dokumen.

Sebagai informasi, e-meterai merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. Peserta wajib membubuhkan e-meterai di beberapa dokumen persyaratan pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.

Baca juga: Cara Beli dan Menggunakan E-meterai di Dokumen Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023

Beberapa dokumen persyaratan pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 yang wajib dibubuhkan e-meterai antara lain, seperti dokumen daftar riwayat hidup, surat pernyataan keaslian dokumen, dan surat lamaran.

Untuk membubuhkan e-meterai di dokumen, peserta perlu membelinya terlebih dahulu. Membeli e-meterai bisa dilakukan melalui website Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia), selaku pembuat dan pendistribusi resmi e-meterai.

Selain itu, peserta juga bisa beli website penjual e-meterai resmi yang lain. Dalam proses pembelian dan pembubuhan e-meterai, peserta mungkin khawatir apabila e-meterai di dokumennya tidak asli atau tidak sah.

Jika khawatir, untuk memastikannya, peserta bisa cek keaslian e-meterai yang digunakannya di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. Lantas, bagaimana mengecek keaslian e-meterai di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023?

Cara cek keaslian e-meterai di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023

Cara cek keaslian e-meterai itu sejatinya cukup mudah. Setidaknya, terdapat tiga cara cek keaslian e-meterai yang bisa dilakukan oleh peserta secara mandiri. Adapun penjelasan tiap cara cek keaslian e-meterai adalah sebagai berikut.

1. Cek keaslian e-meterai dengan melihat langsung bentuknya

Ilustrasi bentuk e-meterai.Tangkapan layar laman e-meterai.co.id Ilustrasi bentuk e-meterai.

Pertama, cara cek keaslian e-meterai yang telah dibubuhkan di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 adalah dengan melihat langsung bentuknya. Adapun ciri-ciri e-meterai yang asli adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kode unik berupa nomor seri;
  • Terdapat gambar Garuda Pancasila;
  • Terdapat tulisan "Meterai Elektronik";
  • Angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea meterai yakni "10000" dan "Sepuluh Ribu Rupiah".

Baca juga: 3 Cara Setting Webcam untuk Swafoto SSCASN di laptop Mac buat Daftar CPNS dan PPPK 2023

2. Cek keaslian e-meterai via website Peruri

Dikutip dari laman Indonesia Baik, cara cek keaslian e-meterai yang kedua adalah menggunakan website Peruri dengan layanan verifikasi e-meterai. Adapun cara cek keaslian via website Peruri adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website Peruri ini https://verification.peruri.co.id.
  • Selanjutnya, unggah dokumen PDF yang telah dibubuhi e-meterai.
  • Kemudian, centang kode Captcha untuk memverifikasi permintaan dilakukan bukan oleh robot.
  • Proses pemeriksaan bakal berjalan.
  • Setelah proses pemeriksaan selesai, website bakal memberikan informasi status dan keabsahan jika e-meterai di dokumen tersebut asli.

3. Cek keaslian e-meterai via aplikasi Peruri Scanner

Cara cek keaslian e-meterai yang ketiga adalah menggunakan aplikasi Peruri Scanner. Bila hendak cek keaslian e-meterai dengan cara ini, berikut adalah penjelasannya:

  • Unduh aplikasi Peruri Scanner di Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone).
  • Setelah memilikinya, silakan buka aplikasi Peruri Scanner di HP.
  • Arahkan kamera aplikasi Peruri Scanner di e-meterai yang terdapat pada dokumen.
  • Proses pemindaian bakal berjalan.
  • Setelah pemindaian selesai, aplikasi bakal menyajikan informasi mengenai e-meterai tersebut.

Ilustrasi cara cek keaslian e-meterai melalui aplikasi Peruri Scanner.App Store Ilustrasi cara cek keaslian e-meterai melalui aplikasi Peruri Scanner.

Cukup mudah bukan cara cek keaslian e-meterai di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023? Dengan ketiga cara di atas, peserta tak perlu khawatir dan bisa memastikan keaslian e-meterai yang digunakan di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.

Demikianlah penjelasan mengenai cara cek keaslian e-meterai di dokumen pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 dengan mudah. Penting dicatat, e-meterai di dokumen pendaftaran tersebut harus asli dari lembaga pembuat yang resmi.

Sebagai informasi tambahan, beberapa waktu lalu, e-meterai buat daftar CPNS dan PPPK 2023 bisa didapatkan melalui salah satu website milik Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia), yakni meterai-eletronik.com.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com