Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Aquos Sense8 Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Kamera 50 MP

Kompas.com - 04/10/2023, 09:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sharp memperkenalkan smartphone terbarunya yang bernama Aquos Sense8. Ponsel kelas menengah ini dirilis di negara asalanya, Jepang, pada Selasa (3/10/2023).

Menurut Sharp, desain ponsel Aquos Sense8 dirancang agar pengguna mudah menggunakan kamera perangkat.

Sharp Aquos Sense8 sendiri mengusung panel IGZO OLED seluas 6,1 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.432 piksel) dengan refresh rate 90 Hz.

Meski demikian menurut Sharp, karena ponsel ini dibekali fitur black-frame insertion pada layar perangkat, tampilannya diklaim tampak seperti layar dengan refresh rate 180 Hz.

Fitur black-frame insertion sendiri biasanya ditemukan di monitor gaming atau televisi.

Masih soal layar, tingkat kecerahan maksimal yang ditawarkan adalah 1.300 nits. Perangkat dihiasi poni menyerupai huruf “U” di tengah layar untuk menampung kamera depan beresolusi 8 MP.

Tampilan punggung dan layar depan Aquos Sense8. Varian warna yang ditawarkan adalah Blue, Pale Green, Light Cooper, dan Cobalt BlackSharp Tampilan punggung dan layar depan Aquos Sense8. Varian warna yang ditawarkan adalah Blue, Pale Green, Light Cooper, dan Cobalt Black

 

Di sektor fotografi, Aquos Sense8 dibekali dengan dua kamera belakang. Kamera utamanya beresolusi 50 MP (f/1.55) dengan sensor 1,0 mikrometer atau dua mikrometer, jika pengguna mengaktifkan pixel binning

Kamera utama ini juga dilengkapi fitur zoom optik 2x dan penstabil gambar (OIS/Optical Image Stabilization).

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Sharp Aquos R7s di Indonesia, Mirip Keluaran Jepang

Sedangkan kamera keduanya adalah ultrawide beresolusi 8 MP dengan sudut pandang 120 derajat.

Pengguna juga dapat memotret gambar dengan format RAW, alias foto mentah dan dilengkapi pengolah gambar yang bernama ProPix5. Dengan fitur ini, tekstur rambut dan kulit bisa tampil lebih jelas dan realistis.

Kedua kamera juga ditemani lampu kilat LED untuk membantu pencahayaan di malam hari atau kondisi minim cahaya.

Di sektor dapur pacu, Sharp Aquos Sense8 ditenagai oleh Snapdragon 6 Gen 1. Chipset tersebut ditemani RAM 6 GB dan ruang penyimpanan (storage) seluas 128 GB. Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan ini bisa diperbesar hingga 1 TB melalui slot microSD.

Sharp Aquos Sense8 dibekali sistem operasi Android 13. Aquos Sense8 dilengkapi pemindai sidik jari yang terintegrasi di tombol daya sebagai sistem keamanan perangkat.

Ponsel kelas menengah ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP68. Artinya, dapat tahan debu dan air. Fitur pendukung lainnya mencakup jack audio 3,5 mm, USB-C untuk pengisian daya dan transfer data, dual-SIM (nano-SIM dan eSIM), jaringan 5G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, dan NFC.

Sharp Aquos Sense8 ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh, tetapi tidak mendukung pengisian daya cepat (fast charging). Pengisian dayanya membutuhkan waktu setidaknya 160 menit atau 2 jam 40 menit.

Baca juga: Sharp Aquos V7 Plus Resmi di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Harga Sharp Aquos Sense8

Sharp Aquos Sense8 datang dengan empat warna, yakni Blue, Pale Green, Light Cooper, dan Cobalt Black.

Sharp Aquos Sense8 dijual seharga 62.150 yen atau setara Rp 6,5 jutaan (estimasi kurs hari ini Rp 104,67), sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (4/10/2023).

Saat ini, Sharp Aquos Sense8 baru tersedia untuk pasar Jepang saja. Belum indikasi bahwa perangkat bakal diperkenalkan secara global di negara lain.

Di Indonesia sendiri, Sharp merilis Aquos R7s pada Juli lalu. Ponsel tersebut serupa dengan yang dirilis di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com