Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Sony Sulap Smartphone dan Tablet Jadi Monitor Wireless untuk Kamera

Kompas.com - 14/09/2023, 17:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Monitor eksternal, berkabel maupun wireless, banyak digunakan dalam produksi video untuk memantau gambar. Kini, kamera sinema Sony juga bisa memanfaatkan smartphone dan tablet sebagai monitor lewat aplikasi Monitor and Control.

Aplikasi ini diperkenalkan dalam waktu berdekatan dengan peluncuran kamera sinema 8K Burano dari Sony. Seperti namanya, Monitor and Control bisa dipakai untuk menyalurkan keluaran display dari kamera Sony ke gadget mobile secara wireless.

Baca juga: Sony Perkenalkan FX3, Kamera Mirrorless Ringkas untuk Kreator Konten

Pengguna kemudian bisa mengendalikan kamera dari layar gadget. Jenis kontrol yang disediakan antara lain touch focus, AF sensitivity, white balance, record, dan ISO. Manual focus dengan magifikasi hingga 350 persen ikut tersedia.

Aplikasi Monitor and Control Sony memungkinkan gadget digunakan sebagai monitor eksternalSony Aplikasi Monitor and Control Sony memungkinkan gadget digunakan sebagai monitor eksternal
Smartphone atau tablet juga bisa dipasang di tempat lain seperti hotshoe untuk berfungsi sebagai monitor eksternal nirkabel.

"Layar lebar (dari smartphone atau tablet) bisa digunakan sebagai monitor waveform, false color, dan histogram, sehingga mendukung pengaturan exposure yang lebih presisi saat produksi," tulis Sony dalam laman berisi keterangan tentang aplikasi Monitor and Control.

Dengan kata lain, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (14/9/2023), fungsi aplikasi Monitor and Control mirip dengan ponsel Xperia Pro dari Sony yang bisa juga digunakan sebagai monitor untuk kamera tertentu, tapi dengan kabel.

Menariknya, ketika merekam dengan profil gamma Log, pengguna bisa menerapkan Look Up Table lewat aplikasi Monitor and Control sehingga gambar yang ditampilkan menyerupai hasil setelah post production.

Aneka fungsi pemantauan exposure disediakan aplikasi Monitor and Control Sony, termasuk waveform, histogram, dan false color. Pengguna juga bisa menerapkan LUT apabila merekam dalam profil LogSony Aneka fungsi pemantauan exposure disediakan aplikasi Monitor and Control Sony, termasuk waveform, histogram, dan false color. Pengguna juga bisa menerapkan LUT apabila merekam dalam profil Log

Aplikasi Monitor and Control bisa diunduh dari toko Apple App Store untuk perangkat iOS dan Google Play Store untuk perangkat Android.

Baca juga: Sony Umumkan ILX-LR1, Kamera Full-frame Ringan untuk Drone

Untuk saat ini aplikasi tersebut hanya kompatibel dengan kamera dari lini sinema Sony saja, yakni FX6, FX3, FX30, dan Burano yang akan datang. Itupun tidak semua fungsi tersedia di semua model, misalnya monitoring exposure hanya didukung oleh FX3 dan FX30.

Ke depan, Sony berencana memperluas kompatibilitas aplikasi Monitor and Control sehingga ikut mencakup model-model kamera di luar lini Cinema Line.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com