Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 12 Meluncur Tahun Depan?

Kompas.com - 10/10/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber PC Gamer

KOMPAS.com - Microsoft tampaknya tengah mempersiapkan sistem operasi (OS) terbarunya yang akan menjadi suksesor Windows 11, yang kemungkinan akan memiliki nama Windows 12.

Rumor terkait OS teranyar Microsoft tersebut belakangan menyeruak di internet. Yang terbaru, Intel kini mengumbar bahwa Windows 12 disinyalir bakal meluncur pada 2024 mendatang. 

Setidaknya begitu menurut Chief Financial Officer Intel, Dave Zinsner dalam sebuah pernyataan yang ia lontarkan dalam acara bertajuk "Citi 2023 Global Technology Conference" beberapa pekan lalu. 

Zinsner tak menyebut secara gamblang bahwa OS tersebut merupakan Windows 12. Namun, ia menyebut bahwa OS Windows saat ini akan mendapatkan pembaruan di tahun depan. 

"Kami menaksir 2024 mendatang adalah tahun yang bagus bagi konsumen kami, lantaran ini merupakan tahun di mana OS Windows akan diperbarui," kata Zinsner. 

"Hal ini karena kami percaya bahwa OS Windows saat ini (Windows 11) masih memiliki jumlah install yang sedikit, sehingga (Microsoft) perlu menghadirkan pembaruan di tahun depan untuk mengatasi masalah tersebut," imbuh Zinsner. 

Baca juga: Ini OS Windows yang Paling Banyak Dipakai Sedunia

Zinsner tak mengumbar kapan sebetulnya OS anyar yang ia sebut itu meluncur atau diumbar secara resmi.

Namun, ia berharap bahwa pembaruan Windows ini akan menciptakan momentum bagus untuk bisnis Intel di tahun 2024 mendatang, terutama untuk prosesor (CPU) generasi terbaru mereka untuk level konsumen yang memiliki kode nama Meteor Lake.

Terkait Windows 12, Microsoft saat ini juga belum mengonfirmasi terkait nama dan kapan suksesor OS Windows 11 itu akan diperkenalkan ke publik. 

Namun apabila prediksi Zinsner di atas akurat, maka jarak peluncuran versi utama OS Windows akan lebih dekat menjadi tiga tahun, lantaran OS Windows 11 diluncurkan pada 2021 lalu. 

Baca juga: Microsoft Tutup Jalur Update Gratis Windows 7 ke Windows 10

Sebelumnya, jarak peluncuran OS Windows 10, yang meluncur sekitar 2015 lalu, ke Windows 11, yang meluncur sekitar 2021 lalu, memakan waktu sekitar tujuh tahun.

Selain itu, sama seperti versi Windows lainnya, Windows 12 juga diprediksi akan hadir dengan sejumlah pembaruan, mulai dari aspek visual, performa, dan fitur, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PCGamer, Selasa (10/10/2023). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com