Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Surface dan Windows di Microsoft Mendadak Mundur

Kompas.com - 19/09/2023, 10:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Panos Panay, Chief Product Officer dan orang yang memimpin pengembangan produk tablet Surface serta sistem operasi Windows di Microsoft, menyatakan mundur dari perusahaan raksasa software tersebut pada awal pekan ini.

Panay mengundurkan diri setelah berkiprah selama 19 tahun di Microsoft. Dia memimpin tim yang mengembangkan brand Surface pada 2012, dan belakangan juga mengepalai proyek Windows 11. Dialah yang memperkenalkan dua produk itu ke publik.

Baca juga: Aplikasi Paint di Windows 11 Kini Bisa Hapus Background Gambar secara Otomatis

Alasan di balik mundurnya Panay tidak diketahui. Dalam sebuah posting di Twitter, dia hanya menyatakan telah memutuskan untuk "membuka lembaran baru dan menulis babak berikutnya".

Panos Panay, Chief Product Officer Microsoft yang mengundurkan diriDiscmd/ Wikimedia Panos Panay, Chief Product Officer Microsoft yang mengundurkan diri
"Saya sangat berterima kasih atas kesempatan bekerja di Microsoft dan orang-orang luar biasa yang membuat produk bersama saya," kicau Panay, Senin kemarin.

Kabar pengunduran diri Panay datang secara mendadak dan tak terduga, hanya beberapa hari sebelum event peluncuran produk Surface baru yang dijadwalkan pada Kamis, 21 September mendatang.

Microsoft pun telah memastikan bahwa Panay bakal absen dari acara tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Selasa (19/9/2023).

Padahal, Panay adalah sosok yang lekat dengan Surface semenjak pengembangan awalnya pada 2012, berbarengan dengan rilis OS WIndows 8. Dia rutin memperkenalkan versi terbaru surface dalam acara-acara Microsoft.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Tablet Surface Pro 9 dengan 2 Varian Chip

Dengan perginya Panay, Microsoft melakukan perombakan manajemen. Kepemimpinan bisnis Windows dan Surface dengan OEM serta rekanan ritel diambil alih oleh Chief Marketing Officer Yusuf Mehdi.

Panay sendiri belum mengungkap ke perusahaan mana dia akan pindah. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Panay direkrut oleh Amazon untuk memimpin mengembangan produk Alexa dan Echo, menggantikan David Lim yang pekan lalu mengumumkan bakal pensiun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com