Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kecemasan" Bos Qualcomm Ungkap Chip Ganda Samsung Galaxy S24

Kompas.com - Diperbarui 06/11/2023, 08:28 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Elec

KOMPAS.com - Suksesor Galaxy S23 series, yaitu Samsung Galaxy S24 series diyakini bakal debut global pada Januari 2024 mendatang.

Bocoran yang ramai dibicarakan belakangan adalah soal chipset. Samsung S24 series konon bakal ditenagai dua chipset berbeda, yakni versi Snapdragon 8 Gen 3 dan Exynos 2400.

Bila informasi ini akurat, maka akan berbeda dengan tahun ini di mana Samsung hanya menggunakan satu chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, untuk semua model Galaxy S23 series, di semua wilayah pemasaran.

Rumor penggunaan dua versi chipset di Galaxy S24 series itu kini secara tersirat dari "kecemasan" CEO Qualcomm, Cristiano Amon.

Dalam konferensi yang dilakukan pada Rabu (1/11/2023), Amon mengatakan bahwa Galaxy S24 bakal dirilis segera dan Qualcomm berharap bisa mengamankan pangsa chipset paling banyak.

Baca juga: Sesumbar Qualcomm Snapdragon X Elite yang Dibungkam Apple M3

"Qualcomm memiliki pangsa pasar mayoritas (dalam hal muatan). Kami berharap bisa mengambil (bagian terbesar),” ujar Amon.

Presiden Qualcomm, Alex Rogers yang juga hadir pada pertemuan hari itu juga mengatakan, "Pangsa pasar (chipset) kami yang tinggi akan terus dipertahankan".

Menurut laporan The Elec Korea, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (5/11/2023), jawaban CEO Amon tentang 'pangsa pasar mayoritas' dapat diartikan sebagai pengakuan resmi tersirat, dari rumor yang menyebut bahwa Galaxy S24 series akan hadir dengan chipset Snapdragon dan Exynos secara paralel.

Karena hadir dalam dua versi chipset, bos Qualcomm berharap chipset bikinannya lebih banyak digunakan di Galaxy S24 series.

Pernyataan bos Qualcomm tersebut bisa juga diartikan sebagai sebuah kecemasan karena Snapdragon tidak lagi menjadi penyuplai tunggal Samsung S24.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Fitur Video Zoom Anyplace, Buat Galaxy S24 Ultra?

Pun menurut GSMArena, penyataan "mayoritas pangsa pasar" dari bos Qualcomm tersebut masuk akal, mengingat Galaxy S Ultra adalah ponsel seri S dengan pendapatan kotor tertinggi.

Samsung S24 Ultra hanya pakai Snapdragon 8 Gen 3?

Samsung perkenalkan Isocell Zoom Anyplace, fitur video terbaru untuk HP berkamera 200 MP. Dengan Zoom Anyplace, kamera bisa secara otomatis melacak, menjaga fokus, dan memfilmkan subjek bergerak. Zoom Anyplace juga memungkinkan pengguna mengambil video full screen dan close up secara bersamaan.
Samsung Newsroom Samsung perkenalkan Isocell Zoom Anyplace, fitur video terbaru untuk HP berkamera 200 MP. Dengan Zoom Anyplace, kamera bisa secara otomatis melacak, menjaga fokus, dan memfilmkan subjek bergerak. Zoom Anyplace juga memungkinkan pengguna mengambil video full screen dan close up secara bersamaan.
Samsung S24 series diyakini hadir dalam model Samsung S24 reguler, Samsung S24 Plus, dan Samsung S24 Ultra. Menurut rumor yang beredar, Galaxy S24 versi reguler dan plus bakal ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3 dan Exynos 2400 dengan ketersediaan bergantung wilayah pemasarannya.

Sementara Samsung S24 Ultra konon hanya akan diotaki chipset Snapdragon 8 Gen 3. Hal ini diperkuat dengan video demo fitur video terbaru Samsung untuk HP berkamera 200 MP, bernama "Zoom Anyplace".

Fitur ini dirancang untuk memudahkan sensor kamera Isocell 200 MP bikinan Samsung merekam sambil melacak subjek bergerak, termasuk ketika merekam dalam kondisi diperbesar (zoom-in).

Dalam video berdurasi sekitar satu menit, Samsung menyebutkan bahwa fitur Zoom Anyplace ini "dipercepat oleh Qualcomm AI Engine". Tak hanya itu, Samsung turut memamerkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 dalam video perkenalan fitur Zoom Anyplace tersebut.

Baca juga: Bocoran Samsung Galaxy S24, Spesifikasi, Desain, dan Tanggal Peluncuran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com