Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Elite, Chip 12 Core untuk Laptop

Kompas.com - 25/10/2023, 10:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - Selain Snapdragon 8 Gen 3, Qualcomm turut memperkenalkan chip lain bernama Snapdragon X Elite. Bedanya, Snapdragon X Elite ditujukan untuk perangkat laptop yang menjalankan sistem operasi Windows

Snapdragon X Elite merupakan penerus dari lini chip laptop Snapdragon 8cx Gen 3. Namanya sengaja diubah agar lebih gampang dibedakan dari chip Snapdragon untuk ponsel, sekaligus melambangkan peningkatan kinerja besar-besaran.

Chip ini memiliki 12 core CPU Oryon 4 nm berbasis arsitektur ARM yang dirancang oleh Nuvia, perusahaan yang diakuisisi Qualcomm pada 2021. Nuvia didirikan oleh sejumlah engineer eks Apple yang sebelumnya mengerjakan chip iPhone dan iPad.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 3 Resmi, Andalkan Kemampuan Generative AI

Ke-12 CPU Oryon tersebut dibagi menjadi tiga cluster. Namun tiga kelompok ini tidak berisi prime core, performance core, dan efficiency core seperti biasanya. Semua core berjalan dengan kecepatan 3,8 GHz dan boost hingga 4,3 GHz.

Snapdragon X Elite diklaim lebih kencang dan lebih irit daya dibanding prosesor Intel generasi ke-13Qualcomm Snapdragon X Elite diklaim lebih kencang dan lebih irit daya dibanding prosesor Intel generasi ke-13

"Snapdragon X Elite menghadirkan lompatan besar dalam inovasi komputasi dengan menghadirkan CPU Qualcomm Oryon khusus kami yang baru untuk menghasilkan kinerja tinggi," ujar SVP and GM of Compute and Gaming Qualcomm, Kedar Kondap.

Performa Snapdragon X Elite diklaim bisa dua kali lebih kencang dibandingkan prosesor Intel generasi ke-13, tepatnya Core i7-1355U dalam Geekbench 6.1, dan lebih irit daya 68 persen dibanding Core i7-13800H.

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Chip Snapdragon X untuk Komputer Windows

Qualcomm turut mengeklaim bahwa kinerja single thread Snapdragon X Elite bisa melewati CPU laptop kelas atas dari Intel, yakni Core i9-13980HX, sementara konsumsi dayanya justru 70 persen dibanding prosesor tersebut saat peak.

Untuk pengolah grafisnya, Snapdragon 8 Gen 3 menggunakan GPU Adreno terbaru dari Qualcomm yang memiliki daya komputasi 4,6 TFLOPS dan turut mendukung API DirectX 12 Ultimate dan ray tracing.

Fitur-fitur chip Qualcomm Snapdragon X EliteQualcomm Fitur-fitur chip Qualcomm Snapdragon X Elite

Dukungan output display mencakup layar internal hingga resolusi 4K 120 Hz dengan HDR10, serta tiga layar UHD/4K atay dua layar 5K lewat DisplayPort 1.4.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC World, Rabu (25/10/2023), Snapdragon X Elite turut menghadirkan kapabilitas 5G lewat penggunaaan modem Snapdragon X65, PCIe Gen 4, serta USB 4 dengan dua koneksi USB C 10 Gbps.

Aspek lain dari chip ini yang ikut mendapat highlight adalah kemampuan AI dengan neural processing unit (NPU) Hexagon terbaru yang memiliki kinerja pengolahan AI emncapai 45 TOPS.

Baca juga: Chip Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 Meluncur untuk Ponsel Menengah

Angka tersebut lebih tinggi dibandingan performa neural engine di chip desktop Apple M2 Ultra yang sebesar 31,6 TOPS, apalagi chip laptop M2 Max di angka 15,8 TOPS.

Belum diketahui pabrikan mana yang akan membuat laptop Windows dengan chip Snapdragon X Elite.

Beberapa brand sempat tampil dalam acara perkenalannya di Snapdragon Summit, Maui, Hawaii, AS, pekan ini, yakni HP, Lenovo dan Microsoft. Ketiganya diketahui pernah menggunakan chip Qualcomm Snapdragon di produk masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com