Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Galaxy AI, Bisa Terjemahkan Panggilan Telepon

Kompas.com - 10/11/2023, 07:05 WIB
Lely Maulida,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung belakangan ikut meramaikan trend AI yang sedang melanda dunia teknologi. Selain AI generatif Gauss, pabrikan asal Korea Selatan tersebut pekan ini mengumumkan kecerdasan buatan bernama Galaxy AI.

Menurut Samsung, Galaxy AI nantinya bakal menghadirkan fitur-fitur AI yang komprehensif di perangkat mobile bikinannya.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Gauss, Generatif AI Pesaing ChatGPT

"Ini (Galaxy AI) akan mengubah pengalaman mobile Anda sehari-hari dengan perlindungan keamanan dan privasi Galaxy," kata Samsung dalam sebuah posting di situs Samsung Mobile Press.

Samsung menjelaskan bahwa salah satu fitur yang dimiliki Galaxy AI adalah "AI Live Translate Call". Fungsinya adalah menerjemahkan bahasa lawan bicara saat melakukan penggilan telepon. Terjemahannya berupa audio dan teks yang disajikan secara real time.

Galaxy AI dijalankan lewat pengolahan kecerdasan buatan di perangkat ponsel dan jaringan cloud. Samsung mengatakan privasinya akan terjamin, termasuk dalam hal penerjemahan panggilan telepon tadi.

Ilustrasi fitur AI Live Translate Call atau terjemahan saat telepon di HP Samsung GalaxySamsung Ilustrasi fitur AI Live Translate Call atau terjemahan saat telepon di HP Samsung Galaxy

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (10/11/2023), turut diungkap bahwa Galaxy AI rencananya akan hadir tahun depan sehingga memunculkan dugaan bahwa kecerdasan buatan itu akan melakukan debutnya di ponsel flagship Galaxy S24.

Biasanya, lini HP teratas Galaxy S Samsung dirilis pada awal tahun. Galaxy S24 kabarnya bakal muncul lebih cepat dari model-model sebelumnya, yakni pada 17 Januari 2024.

Selain Galaxy AI, kecerdasan buatan Samsung Gauss kabarnya juga bakal diintegrasikan ke Galaxy S24 lewat pengolahan on-device.

Baca juga: Asisten AI Copilot Resmi Hadir di Windows 11

Akhir Oktober lalu, Daniel Araujo, wakil presiden Divisi Mobile eXperience (MX) Samsung Electronics sempat mengumumkan bahwa layanan-layanan berbasis AI generatif bakal diterapkan di perangkat seri Galaxy.

"Tujuannya untuk memberikan pengalaman yang lebih bermakna dan inovatif berdasarkan pola penggunaan serta preferensi individu, mulai 2024," ujar Araujo, seperti dilansir oleh Korea Times.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com