Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asisten AI Copilot Resmi Hadir di Windows 11

Kompas.com - 06/11/2023, 17:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft resmi merilis pembaruan (update) untuk Windows 11. Pembaruan versi "23H2" ini sudah bisa diunduh oleh pengguna Windows 11 secara gratis.

Dalam pembaruan ini, Microsoft membawa sejumlah fitur baru untuk Windows 11. Salah satunya adalah kehadiran asisten AI pengganti Cortana, yaitu Windows Copilot yang diperkenalkan Microsoft beberapa bulan lalu.

Fitur Copilot sebenarnya sudah hadir di beberapa aplikasi Microsoft seperti Bing Chat dan Microsoft 365. Namun, ini pertama kalinya fitur tersebut hadir dan disematkan alias terintegrasi ke dalam sistem Windows 11.

Nah, sama seperti fitur Copilot di Bing Chat dan Microsoft 365, Windows Copilot berfungsi untuk membantu pengguna untuk segala hal yang berhubungan dengan komputer mereka.

Pengguna bisa "minta tolong" Windows Copilot untuk mengubah pengaturan komputer, memutar lagu favorit, merangkum sebuah dokumen, membacakan suatu website, membuka beragam aplikasi, dan masih banyak lagi.

Windows Copilot bisa diakses melalui sebuah ikon berupa heksagon yang mirip huruf "O" di menu Start atau Taskbar Windows 11.

Ketika ikon tersebut diklik, Windows 11 akan menampilkan Windows Copilot sebagai menu sidebar yang tampil di sebelah kanan layar, sama seperti tampilan Copilot di beberapa aplikasi Microsoft lainnya macam Edge hingga Microsoft Office.

Pantauan KompasTekno, Senin (6/11/2023) update ini sudah tersedia di Indonesia. Dua laptop Windows 11 yang kami gunakan juga sudah kebagian update ini.

Baca juga: Microsoft Bawa Asisten Pribadi Copilot ke Windows 11, Mirip Cortana tapi Lebih Cerdas

Tampilan baru File Explorer di Windows 11 23H2.WindowsCentral Tampilan baru File Explorer di Windows 11 23H2.
Selain Windows Copilot, Microsoft juga mengintegrasikan fitur Chat ke aplikasi telekonferensi Microsoft Teams.

Kini, pengguna bisa menemukan fitur Chat yang sudah terintegrasi ini melalui aplikasi Microsoft Teams yang sudah disematkan di Windows Taskbar.

Lalu, beragam aplikasi bawaan yang terpasang di sistem juga kini dipindahkan ke menu baru.

Jika sebelumnya aplikasi-aplikasi tersebut tergabung dalam laman "Installed Apps" di menu "Settings" > "Apps", kini aplikasi sistem terkumpul di laman "System Components" yang bisa diakses di menu "Settings" > "System".

Beberapa fitur baru lainnya yang ada di Windows 11 23H2 ini mencakup tampilan baru File Explorer yang lebih segar, aplikasi Windows Backup yang kini bisa mengandalkan fitur cloud, hingga dukungan file dengan ekstensi *.7zip dan *.rar.

Baca juga: Setelah 27 Tahun, Windows CE Akhirnya Pensiun

Ada pula fitur Dynamic Lighting untuk mengatur fitur lampu RGB diberbagai laptop gaming, Windows Ink Enhancements untuk meningkatkan pengalaman penggunaan memakai pena digital (stylus), serta pembaruan untuk fitur Windows Spotlight.

Nah, pengguna yang ingin menjajal beragam fitur Windows 11 23H2 ini bisa memperbarui komputer mereka dengan cara mengunjungi menu "Settings" > "Windows Update".

Di menu tersebut, pengguna bisa mengeklik tombol "Check for updates" untuk melihat apakah pembaruan Windows 11 23H2 ini sudah tersedia dan bisa dipasang atau belum.

Adapun daftar fitur baru yang ada di Windows 11 23H2 secara lengkap bisa dilihat dalam informasi berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BleepingComputer, Senin (6/11/2023).

  • Peningkatan fitur Local File Sharing
  • Narrator Natural Voices
  • Fitur Passkey yang ditingkatkan
  • Peringatan untuk fitur Copy dan Paste apabila menyalin kata sandi yang tak aman
  • Peringatan privasi ketika menggunakan aplikasi dalam layar penuh (full screen)
  • Peringatan apabila ada masalah di periferal kamera untuk melakukan streaming
  • Fitur Volume Mixer yang ditingkatkan
  • Ikon di Taskbar yang bisa dipisah meski membuka dokumen atau file di aplikasi yang sama
  • Penambahan fitur Unicode Emoji 15
  • Lock Screen dengan fitur Accessibility yang ditingkatkan
  • Fitur Power Saver yang diperbarui
  • Desain baru dari Startup Apps di laman Settings
  • Penambahan label dan animasi baru di fitur tampilan Task View
  • Penambahan fitur klik kanan untuk menutup aplikasi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com