Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Samsung Galaxy XCover 7, HP Tangguh yang Bisa Lepas Baterai

Kompas.com - Diperbarui 17/11/2023, 10:55 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone tangguh terbarunya, calon penerus dari Samsung Galaxy XCover 6 yang sudah meluncur pada pertengahan 2022.

Merujuk pada rumor yang mencuat di dunia maya, ponsel yang konon bernama Galaxy XCover 7 ini masih mengusung desain yang mirip dengan pendahulunya. Bodinya dirancang dengan tampilan kokoh, layarnya datar (flat) dan dihiasi poni berjenis tetesan air khas Samsung.

Ponsel Android yang kokoh ini kabarnya juga memiliki baterai yang dapat dilepas-pasang juga. Hanya saja, kapasitas baterai dan kecepatan pengisian dayanya belum diketahui lebih lanjut.

Baca juga: Samsung dan iPhone Kuasai 99 Persen Pasar Smartphone di Korea Selatan

Dari gambar render yang beredar di internet, Galaxy XCover 7 punya desain punggung berbeda dari Galaxy XCover 6 Pro sebelumnya, yakni terbagi-bagi menjadi beberapa segmen mirip seperti cokelat batangan.

Setiap segemen memiliki motif dan pola berbaris diagonal. Tujuannya disinyalir untuk membuat pegangan tangan jadi lebih mantap, terutama di kondisi basah, sehingga ponsel tidak mudah jatuh.

Punggung Galaxy XCover 7 juga ditemani satu buah kamera di pojok kiri atas, berikut LED flash. Lensa kamera tersebut memiliki aksen cincin berwarna merah. Mirip seperti kamera Galaxy XCover 6 Pro.

Bocoran Samsung Galaxy XCover 7 dari sisi belakang, depan, dan sampingAndroid Headlines Bocoran Samsung Galaxy XCover 7 dari sisi belakang, depan, dan samping

Bedanya, ponsel ini hanya datang dengan satu  kamera saja, sedangkan pendahulunya memiliki dua sensor kamera yang diposisikan sejajar secara vertikal.

Tombol daya dan pengatur volume terlihat berada di sisi kanan seperti biasa. Di sisi kiri terdapat sebuah tombol lain yang berbentuk pipih.

Dihimpun KompasTekno dari Android Headlines, Jumat (17/11/2023), tombol pipih kabarnya tersebut merupakan tombol khusus yang bisa ditekan untuk langsung menjalankan aplikasi atau fitur tertentu, misalnya memfungsikan ponsel sebagai walkie-talkie dengan push-to-talk.

Sebagai smartphone tangguh, Galaxy XCover 7 disinyalir akan mengantongi sertifikasi IP68 untuk ketahanan air dan debu, serta MIL-STD-810H. Jika prediksi ini sesuai, berarti Galaxy XCover 7 sudah lolos setidaknya 29 pengujian dalam standar militer tersebut.

Baca juga: Samsung Galaxy M44 Meluncur Pakai Snapdragon 888

Rangkaian tes yang diuji coba mencakup ujian ketahanan air, guncangan/getaran, cuaca ekstrem, tekanan tinggi dan rendah, suhu panas dan dingin, ketinggian, tahan garam, debu, hingga dijatuhkan dari ketinggian 1 meter tanpa casing pelindung.

Perlu dicatat bahwa spesifikasi dan tampang dari Galaxy XCover 7 di atas masih bersifat rumor dan akurasinya masih belum dapat dipastikan. Sejumlah pihak memprediksi bahwa ponsel ini akan dirilis pada paruh pertama 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com