Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direksi OpenAI Ingin Sam Altman Kembali Jadi Bos ChatGPT

Kompas.com - 20/11/2023, 08:55 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jajaran direksi perusahaan pengembang ChatGPT, OpenAI, disebut tengah meminta Sam Altman kembali menjabat sebagai CEO OpenAI. Pada Jumat (17/11/2023) pekan lalu, Sam Altman dipecat dari jabatan CEO secara tiba-tiba dan kabar ini membuat heboh industri teknologi.

Menurut sumber yang dekat dengan masalah ini, dewan direksi OpenAI sedang berdiskusi untuk mengajak Sam Altman kembali ke perusahaan.

Selain Altman, direksi OpenAI juga ingin memanggil kembali Greg Brockman, salah satu pendiri OpenAI yang mengundurkan diri setelah Altman dipecat. 

Tidak disebutkan bagaimana cara untuk membuat Sam dan Greg kembali ke OpenAI. Namun, Chief Strategy Officer Open AI, Jason Kwon mengatakan dalam sebuah memo internal bahwa pihaknya cukup optimis Sam dan Greg akan kembali bekerja di OpenAI.

Jason mengatakan bahwa kepastian tentang hal tersebut akan diumumkan perusahaan dalam waktu dekat.

"Kami saat ini sedang mencari solusi untuk mengajak Sam, Greg, dan beberapa orang lainnya kembali ke OpenAI, dan kami optimistis tentang hal ini," tulis Jason.

Keinginan investor?

CEO OpenAI Sam Altman.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto CEO OpenAI Sam Altman.

Jason tak menyebut alasan direksi OpenAI tiba-tiba ingin Sam kembali, setelah memecatnya secara tiba-tiba pada Jumat lalu.

Namun, langkah ini disinyalir didorong oleh para investor OpenAI yang kaget dan ingin Sam kembali ke OpenAI. Sebab, para investor konon tak mendapatkan pemberitahuan awal terkait pemecatan Sam.

Sam sendiri diketahui merupakan sosok penting di bidang AI, sekaligus citra dari perusahaan pembuat ChatGPT itu. Artinya, pemecatan Sam mungkin akan berpengaruh terhadap masa depan OpenAI, dan para investor mungkin khawatir akan hal ini.

Baca juga: OpenAI Ungkap Alasan Sam Altman Dipecat dari Jabatan CEO

Selain itu, langkah jajaran direksi ini juga kemungkinan didorong oleh para karyawan OpenAI yang mengancam mundur (resign) secara massal dari perusahaan tersebut. Bahkan, sejumlah karyawan senior di OpenAI konon telah resign dari perusahaan tersebut, pasca pemecatan Sam Jumat lalu.

Terkait dukungan kepada Sam, beberapa karyawan OpenAI memberikan reaksi positif melalui media sosial. Hal ini salah satunya dilakukan dengan cara mengunggah ulang (repost) sebuah postingan Sam yang diunggah melalui akun X (dahulu Twitter) dia via handle @sama.

Dalam postingan yang di-repost tersebut, Sam secara singkat menegaskan bahwa ia sangat mencintai karyawan dan timnya di OpenAI. Sebelumnya, ia juga mengaku senang bekerja dengan para karyawan OpenAI yang sangat memiliki talenta.

Sam sendiri saat ini konon tengah berada di kantor OpenAI untuk melakukan negosiasi. Kabarnya, kepastian terkait nasib Sam di OpenAI akan diumbar sekitar Minggu (19/11/2023) siang atau sore waktu setempat, atau sekitar Senin (20/11/2023) pagi atau siang WIB.

Baca juga: Sam ChatGPT Altman Dipecat, Co-founder OpenAI Ikutan Mundur

Menurut kabar yang beredar, Sam konon bersikap ambivalen atau bimbang ingin kembali ke OpenAI atau tidak, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Senin (20/11/2023).

Kabarnya pula, Sam, bersama Greg, sudah melakukan pendekatan kepada sejumlah investor dan kerabatnya untuk membuat perusahaan baru. Kita nantikan saja kepastiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com