Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Aplikasi MyTelkomsel Error

Kompas.com - 23/11/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi MyTelkomsel merupakan aplikasi dari Telkomsel yang memudahkan pelanggan melakukan berbagai transaksi, mulai dari membeli pulsa, paket internet, dan berbagai penawaran lainnya.

Pengguna yang mengakses aplikasi MyTelkomsel bisa mengunduhnya terlebih dahulu di App Store (iOS) atau Play Store (Android) secara gratis. Setelah mengunduh, pengguna harus login menggunakan nomor Telkomsel masing-masing.

Namun tak jarang aplikasi MyTelkomsel mengalami berbagai masalah. Beberapa penyebabnya bisa jadi karena login menggunakan tautan kadaluarsa, berada jauh dari jangkauan internet, atau aplikasi yang tidak diperbarui.

Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi MyTelkomsel yang eror? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: Cara Beli Pulsa dan Paket Internet di Aplikasi MyTelkomsel

Update aplikasi

Salah satu penyebab MyTelkomsel eror adalah aplikasi yang masih berada pada versi lama. Aplikasi dengan versi lama ini yang biasanya sering eror dan mengalami bug. Untuk itu pengguna harus segera melakukan pembaruan atau update aplikasi di Google Play Store atau App Store.

Aplikasi yang sudah diperbarui biasanya akan memperbaiki bug yang menjadi penyebab aplikasi eror. Selain itu aplikasi dengan versi terbaru akan menampilkan tampilan dan fitur yang lebih baik.

Force close dan restart aplikasi

Salah satu eror aplikasi terjadi karena kesulitan menghubungkan aplikasi dengan server. Cobalah untuk menutup dan mengeluarkan aplikasi MyTelkomsel dengan paksa. Bagi pengguna HP Android dapat melakukan force close dengan cara berikut ini:

  • Buka setelan ponsel
  • Pilih “Aplikasi” > “Kelola aplikasi”
  • Pilih aplikasi “MyTelkomsel”
  • Gulir ke bawah dan pilih “Tutup paksa/force close”
  • Setelah itu restart ponsel Anda

Hapus data cache aplikasi

Ini merupakan cara paling umum dilakukan untuk mengatasi aplikasi yang sering eror. Aplikasi yang eror biasanya disebabkan karena cookie yang menumpuk. Ini yang membuat kinerja aplikasi terganggu. Untuk menghapus cache bisa dengan cara berikut ini.

  • Masuk ke menu setelan
  • Pilih “Aplikasi” dan “Kelola aplikasi”
  • Selanjutnya pilih “Hapus data” dan pilih “Bersihkan semua cache”

Instal ulang aplikasi

Apabila beberapa cara di atas masih belum mengatasi MyTelkomsel eror, maka cobalah untuk mencopot pemasangan dan menginstal ulang kembali.

Hapus aplikasi, selanjutnya masuk ke toko aplikasi dan instal ulang MyTelkomsel. Selanjutnya cobalah login kembali dengan nomor Telkomsel Anda.

Cek apakah VPN masih menyala

Bagi Anda yang sering menggunakan Virtual Private Network (VPN), cobalah untuk mengecek kembali apakah masih menyala. Jika masih menyala, maka nonaktifkan VPN dan buka kembali aplikasi MyTelkomsel.

Baca juga: Cara Bayar Disney+ Hotstar lewat Aplikasi MyTelkomsel Pakai Pulsa

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi MyTelkomsel yang eror dan beberapa penyebabnya. Untuk informasi selengkapnya mengenai Telkomsel dapat menuju telkomsel.com. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com