Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu di HP Android dan iPhone, Mudah

Kompas.com - 25/11/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin perlu mengetahui cara mengaktifkan mode Jangan Ganggu di HP (handphone). Cara tersebut diperlukan terutama ketika pengguna tak ingin terganggu dengan notifikasi masuk dari pesan, panggilan, atau aplikasi tertentu.

Baca juga: 2 Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp di HP Android dan iPhone, Mudah

Sebagaimana cukup umum diketahui, mode Jangan Ganggu atau yang biasa dikenal dengan mode DND (Do Not Disturb) merupakan salah satu fitur notifikasi yang memungkinkan pengguna tidak menerima pemberitahuan untuk sementara waktu.

Saat mode DND diaktifkan, pemberitahuan atas pesan, panggilan, atau aplikasi tertentu bakal disembunyikan dari layar HP. Alhasil, pengguna tak akan terganggu untuk menatap layar HP secara terus menerus saat sedang ingin beristirahat.

Mengingat fitur ini memiliki fungsi yang bermanfaat, pengguna penting untuk mengetahui cara mengaktifkan mode Jangan Ganggu di HP. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan mode Jangan Ganggu di HP?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengaktifkan mode Jangan Ganggu di HP

Cara mengaktifkan mode Jangan Ganggu di HP

Cara mengaktifkan mode Jangan Ganggu di HP itu cukup mudah. Pengguna bisa melakukannya via menu pengaturan notifikasi di HP. Meski mudah, cara tersebut biasanya bakal sedikit memiliki perbedaan antara di HP Android dengan iPhone.

Adapun penjelasan mengenai kedua cara mengaktifkan mode DND di HP Android dan iPhone adalah sebagai berikut.

Baca juga: 2 Cara Menghapus History YouTube di HP dan Laptop dengan Mudah

1. Cara mengaktifkan mode DND di HP Android

  • Cara mengaktifkan mode DND di HP Android bisa jadi berbeda-beda bergantung model HP yang dipakai. Jika menggunakan HP Android Samsung, pengguna bisa membuka menu pengaturan perangkat.
  • Kemudian, pilih Notifications atau Pemberitahuan Klik “Do Not Disturb” atau “Jangan Ganggu”.
  • Nyalakan fitur tersebut, lalu pengguna bisa melakukan beberapa peraturan.
  • Pengaturan yang ditawarkan dapat menentukan jadwal kapan mode tersebut dinyalakan.
  • Untuk mengatur mode DND aktif otomatis di jadwal tertentu, pengguna dapat mengeklik “Turn on as scheduled” atau “Nyalakan sesuai jadwal”, lalu klik “+” (plus).
  • Selain mengatur jadwal, pengguna juga bisa menentukan aplikasi apa saja yang harus tetap dinyalakan, suara apa saja yang diperbolehkan muncul, atau bisa memilih untuk memblokir seluruh aplikasi.

Ilustrasi cara mengaktifkan mode DND di HP Android.KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi cara mengaktifkan mode DND di HP Android.

2. Cara mengaktifkan mode DND di iPhone

  • Buka menu pengaturan perangkat dan pilih opsi “Focus” atau “Fokus”.
  • Selanjutnya, pilih mode “Do not Disturb” atau “Jangan Ganggu”.
  • Pilih kontak dan aplikasi yang dirasa penting supaya bisa mengirimkan pemberitahuan saat mode jangan ganggu aktif.
  • Kemudian, atur layar utama atau layar Home supaya hanya bisa menampilkan aplikasi tertentu yang dirasa penting saat mode jangan ganggu aktif.
  • Atur pula jadwal mode jangan ganggu untuk aktif secara otomatis, misal dari Jumat hingga Minggu, pukul 00.00 - 00.00 (24 jam).
  • Kini, mode DND di iPhone telah berhasil diaktifkan. Mode DND iPhone bakal otomatis aktif sesuai dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya.
  • Mode jangan ganggu dapat diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual di luar jadwal tersebut. Caranya, buka halaman pusat kontrol dengan menggulir layar iPhone dari atas ke bawah. Kemudian, pilih kolom Fokus dan klik mode DND.

Ilustrasi cara mengaktifkan mode DND di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengaktifkan mode DND di iPhone.

Cukup mudah bukan cara mengaktifkan mode DND di iPhone dan HP Android? Dengan cara di atas, pengguna dapat meminimalkan gangguan pemberitahuan masuk di HP, sehingga bisa beristirahat dengan lebih tenang.

Baca juga: 2 Cara Menemukan File Download di HP Android dengan Mudah

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mengaktifkan mode DND di iPhone dan HP Android, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com