Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mendinginkan HP yang Overheating karena Cuaca Panas

Kompas.com - 08/11/2023, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Indonesia masih digempur dengan cuaca panas. Hal ini yang memberikan dampak luar biasa, salah satunya pada barang-barang elektronik. Terutama ponsel yang biasa dibawa kemana-mana.

Saat cuaca panas, HP juga turut ikut panas dan cepat overheating. Overheating pada ponsel inilah yang akan berdampak pada performa dan kinerja ponsel.

Misalnya saja HP yang bersuhu tinggi dapat menyebabkan Central Processing Unit (CPU) dan Graphics Processing Unit (GPU) menurun kinerjanya, dan menjadi lemot atau lambat dan mempengaruhi tugas-tugas seperti memuat aplikasi atau bermain game.

Maka dari itu ponsel yang terlalu panas harus cepat-cepat mendinginkannya. Lantas bagaimana tips mengatasi HP yang overheating karena cuaca panas? Selengkapnya berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Laptop Cepat Overheating karena Suhu Panas

Membawa tempat khusus atau tas kecil untuk ponsel

Sering bepergian keluar? Atau sering menggunakan ponsel di luar ruangan? maka sebaiknya Anda memiliki pelindung ponsel. Misalnya saja menggunakan tas kecil sebagai wadah ponsel yang bisa dibawa kemana-mana.

Hal ini memungkinkan ponsel tidak terpapar panas matahari secara langsung. HP lebih terlindungi dan aman. Apabila HP sangat panas maka usahakan untuk cepat mendinginkannya di ruangan sejuk atau ber-AC.

Tutup atau menonaktifkan latar belakang aplikasi

Terlalu banyak aplikasi yang terbuka adalah alasan utama ponsel Anda menjadi semakin panas. Cek kembali aplikasi mana saja yang sering digunakan dan berjalan secara bersamaan.

Aplikasi yang terlalu sering digunakan dan memiliki intensitas penggunaan prosesor dan chip listrik di dalam ponsel dalam jumlah besar yang menghasilkan panas.

Maka dari itu untuk mengurangi overheating, cobalah untuk menutup beberapa aplikasi yang jarang atau sudah tidak digunakan untuk mengurangi panas.

Lepas casing HP

Melepas casing dari perangkat juga akan membantu mendinginkan ponsel Anda. Beberapa casing ponsel biasanya tidak memiliki aliran udara yang baik sehingga menyebabkan ponsel cepat panas.

Maka dari itu cobalah untuk melepas casing HP agar mengurangi suhu panas pada HP yang menyebabkan overheating.

Mengaktifkan mode pesawat

Salah satu tips mendinginkan ponsel lainnya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Ponsel dengan layanan operator seluler yang aktif biasanya masif dalam mencari koneksi, hal ini yang dapat menyebabkan ponsel cepat panas. Maka dari itu cobalah untuk sesekali mengaktifkan mode pesawat.

Menonaktifkan ponsel

Apabila sedang berada di luar ruangan dengan suhu cukup panas, cobalah untuk menonaktfikan HP untuk mengurangi suhu panas ponsel.

Jangan menyatukan tempat HP dengan perangkat elektronik lainnya

Saat bepergian, umumnya pengguna akan menumpuk atau menyatukan HP dengan perangkat lainnya, seperti dengan tablet, laptop, dan lainnya.

Hal ini yang menyebabkan ponsel semakin overheating. Maka dari itu, kelola penempatan HP dan perangkat elektronik lainnya.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas karena Suhu Cuaca

Itulah beberapa tips mengatasi HP yang cepat overheating karena cuaca panas. Selain memperhatikan beberapa tips di atas, untuk mengoptimalkan pengisian daya, Anda dapat memperhatikan waktu pengisian daya dan menggunakan kabel pengisian daya dengan kualitas terbaik atau original. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com