Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Smartphone, Samsung Galaxy S24 Bakal Dijuluki "AI Phone"?

Kompas.com - 28/11/2023, 07:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Bocoran tentang calon lini ponsel flagship Samsung kembali beredar. Kali ini berupa informasi julukan baru bagi jajaran Galaxy S24 yang tak lagi dipanggil sebagai smartphone konvensional, melainkan "AI Phone".

Indikasinya, Samsung diketahui mendaftarkan beberapa merek dagang berupa sebutan untuk ponsel yang ditambahi embel-embel AI, yakni "AI Phone" dan "AI Smartphone", di otoritas terkait di Uni Eropa dan Inggris.

Trademark itu diyakini bakal dipakai untuk lini Galaxy S24 untuk menonjolkan kemampuan AI di ponsel tersebut, meskipun belum tentu akan dikabulkan pengajuannya.

Baca juga: Bocoran Tanggal Rilis Samsung Galaxy S24, Meluncur Lebih Awal?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sammobile, Selasa (28/11/2023), lini ponsel Galaxy S24 kabarnya memang akan mengusung banyak berbasis artificial intelligence (AI) dari Samsung.

Pada awal November, misalnya, Samsung memperkenalkan kecerdasan buatan bernama Galaxy AI yang sanggup menerjemahkan panggilan telepon secara real time. Galaxy AI diperkirakan melakukan debutnya di lini ponsel Galaxy S24.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy AI, Bisa Terjemahkan Panggilan Telepon

Selain itu, juga di awal November dalam waktu berdekatan, Samsung mengumumkan model AI generatif bernama Gauss untuk menghasilkan konten teks, kode program, dan gambar secara otomatis.

Jajaran "AI Phone" Galaxy S24 sendiri kabarnya akan resmi diluncurkan pada 17 Januari 2024 di San Jose, California, Amerika Serikat, dan dirilis ke pasaran dua pekan setelahnya pada 30 Januari 2024

Jika benar, jadwal tersebut lebih cepat dibandingkan pendahulunya, Galaxy S23, yang baru hadir di awal Februari.

Baca juga: Kecemasan Bos Qualcomm Ungkap Chip Ganda Samsung Galaxy S24

Seperti sebelum-sebelumnya, lini Galaxy S24 diperkirakan bakal terdiri dari tiga model, yakni Galaxy S24 standar, Galaxy S24 Plus yang lebih besar, dan Galaxy S24 Ultra dengan ukuran terbesar dan spesifikasi terbaik.

Ketiga ponsel dari lini Galaxy S24 disinyalir akan ditenagai chip Snapdragon 8 Gen 3 atau Exynos 2400 yang sama-sama memiliki kemampuan pengolahan AI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com