Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Perkenalkan Fitur Video "Zoom Anyplace", Buat Galaxy S24 Ultra?

Kompas.com - 29/10/2023, 19:09 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan elektronik asal Korea Selatan Samsung memperkenalkan "ISOCELL Zoom Anyplace", fitur video terbaru untuk kamera 200 M.

Fitur ini dirancang untuk memudahkan sensor kamera Isocell 200 MP bikinan Samsung merekam sambil melacak subjek bergerak, termasuk ketika merekam dalam kondisi diperbesar (zoom-in).

Fitur Zoom Anyplace ini konon dikembangkan untuk ponsel flagsip Samsung Galaxy S24 Ultra yang diyakini meluncur Januari 2024. 

Rekam, zoom, lacak subjek bergerak

Dengan Zoom Anyplace, pengguna dapat memilih subjek bergerak yang diinginkan dalam bingkai kamera. Kemudian, kamera 200 MP akan secara otomatis melacaknya, menjaga fokusnya, dan memfilmkannya.

Samsung mengeklaim, fitur video Zoom Anyplace mampu melacak subjek dengan pergerakan yang cepat.

Ini merupakan fitur video yang baru. Pasalnya, selama ini, pengguna harus fokus pada subjek dan menggerakkan ponsel mengikuti pergerakkan subjek saat merekam video sendiri.

Samsung menyebut fitur ini memungkinkan pengguna mengambil video dengan lebih sedikit goyangan layar, karena fitur otomatis melacak subjek bergerak.

Ilustrasi hasil video full screen dan close up yang diambil secara bersamaan dengan fitur Zoom Anyplace.Samsung Newsroom Ilustrasi hasil video full screen dan close up yang diambil secara bersamaan dengan fitur Zoom Anyplace.
Fitur Zoom Anyplace ini juga berlaku ketika merekam video dalam kondisi diperbesar. Samsung mengeklaim, video yang diambil juga akan tetap memiliki resolusi yang tinggi hingga 4K, meski di-zoom. Hal ini berkat teknologi in-sensor zoom dari Tetra2pixel.

Samsung mengungkap, sebelumnya, dengan zoom digital, jika area pusat perhatian (ROI) diperbesar 4x pada mode jumlah 12,5MP, secara teoritis akan menghasilkan resolusi gambar 0,78MP (12,5MP/16).

Namun, dengan zoom dalam sensor, bingkai yang akan diperbesar dipilih dari seluruh cakupan dan dibuat ulang. Dengan begitu, Samsung menyebut, sensor dapat mempertahankan resolusi asli 12,5MP dan memungkinkan pengambilan video lebih jelas.

Kamera biasanya beralih dari lensa wide lebar ke lensa tele saat memperbesar 3x atau lebih. Hal ini biasanya menyebabkan kualitas gambar dan sudut pengambilan video berubah.

Namun, dengan Zoom Anyplace ini, Samsung mengeklaim, kamera wide 200 MP dapat memperbesar dengan mulus hingga 2x atau bahkan 4x (zoom digital) tanpa penurunan resolusi.

Untuk sudut pengambilan video, Zoom Anyplace memungkinkan pengguna menangkap seluruh bidang pandang dan area yang diperbesar secara bersamaan pada video. Jadi, pengguna akan mendapatkan dua sudut pengambilan video dalam sekali rekam, yakni full screen dan close up, seperti ilustrasi gambar di atas.

Baca juga: Hasil Foto Zoom Konser Hindia, BTS, dan Raisa dengan Samsung S23 Ultra, iPhone 15 Mana Bisa

Disiapkan untuk Samsung S24 Ultra?

Bocoran tampang Galaxy S24 Ultra yang konon bakal meluncur 18 Januari 2024.@OnLeaks x SmartPrix Bocoran tampang Galaxy S24 Ultra yang konon bakal meluncur 18 Januari 2024.
Fitur Zoom Anyplace ini sepertinya dikembangkan untuk ponsel flagship Samsung Galaxy S24 Ultra yang diyakini meluncur Januari 2024. Hal itu terlihat dari video perkenalan untuk fitur ISOCELL Zoom Anyplace yang diunggah di situs Samsung Newsroom.

Dalam video berdurasi sekitar satu menit, Samsung menyebutkan bahwa fitur Zoom Anyplace ini "dipercepat oleh Qualcomm AI Engine". Tak hanya itu, Samsung turut memamerkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 dalam video perkenalan fitur Zoom Anyplace tersebut.

Awal tahun ini, Galaxy S23 Ultra hadir pertama kali dengan kamera 200 MP dan diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Bila melihat rumor dan riwayat Galaxy S23 Ultra, video perkenalan fitur Zoom Anyplace seperti menyiratkan bahwa fitur ini akan hadir di Galaxy S24 Ultra yang ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Baca juga: Bocoran Samsung Galaxy S24, Spesifikasi, Desain, dan Tanggal Peluncuran

Namun, Samsung saat ini baru memperkenalkan fitur Zoom Anyplace saja. Samsung tidak menyebutkan model ponsel mana yang akan pertama kali dibekali fitur ini. Pun, Samsung juga belum memberikan kisi-kisi soal kehadiran Galaxy S24 series tahun depan.

Untuk lebih jelasnya, tonton video perkenalan "Isocell Zoom Anyplace" di bawah ini untuk mengetahui cara kerja fitur video ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com