Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Samsung Galaxy S24, Spesifikasi, Desain, dan Tanggal Peluncuran

Kompas.com - 03/10/2023, 09:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Smartprix

KOMPAS.com - Samsung diyakini tengah menyiapkan Galaxy S24 series sebagai penerus Galaxy S23 series. Diperkirakan, smartphone ini akan diluncurkan sekitar awal tahun 2024.

Hingga saat ini, Samsung belum memberikan petunjuk atau informasi resmi apa pun terkait Samsung S24 series. Akan tetapi, bocoran mengenai spesifikasi, desain, hingga tanggal peluncurannya, sudah beredar di dunia maya. Berikut bocoran selengkapnya.

Bocoran tampang Samsung Galaxy S24 Ultra

Konon, Galaxy S24 series terdiri dari Galaxy 24 reguler, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra. Baru-baru ini, SmartPrix bekerja sama dengan @OnLeaks menampilkan desain CAD render Galaxy S24 Ultra.

Sebagai informasi CAD atau computer-aided design biasanya digunakan untuk memvisualisasikan sebuah produk dalam bentuk gambar 2D maupun 3D.

Dalam video berdurasi 21 detik, SmartPrix dan @OnLeaks menampilkan bocoran bodi Galaxy S24 Ultra dari segala sisi (360 derajat). Dari video render ini, Galaxy S24 Ultra terlihat mirip dengan Galaxy S23 Ultra.

Baca juga: Beredar, Bocoran Kinerja Snapdragon 8 Gen 3 di Samsung Galaxy S24

Dari sisi punggung masih terdapat empat kamera di bagian belakang dengan susunan yang sama. Bodi ponsel juga masih berbentuk persegi panjang yang hampir identik dengan bagian atas dan bawah datar serta bingkai samping yang sedikit melengkung.

Yang sedikit berbeda adalah layarnya. Bagian depan ponsel Galaxy S24 Ultra menunjukkan tepi layar yang lebih datar, tidak terlalu melengkung dibandingkan S23 Ultra.

Menurut laporan SmartPrix, layar yang tidak terlalu melengkung itu merupakan strategi Samsung untuk memangkas bezel Galaxy S24 Ultra, sehingga bisa semakin tipis.

Laporan lain juga mengatakan bahwa Samsung akan menggunakan titanium alloy (paduan mengandung campuran titanium) pada bodi ponsel Galaxy S24 Ultra. Dengan material tersebut, ponsel disebut-sebut akan memiliki bobot 233 gram. Berat tersebut 1 gram lebih ringan dibandingkan Galaxy S23 Ultra.

Galaxy S24 Ultra juga konon akan berukuran 162,3 x 79 x 8,7 mm, membuatnya lebih pendek namun lebih lebar dari S23 Ultra.

Bocoran tampang Samsung Galaxy S24

Bocoran tampang Galaxy S24 dari hasil CAD render.@OnLeaks x SmartPrix Bocoran tampang Galaxy S24 dari hasil CAD render.
Seperti Galaxy S23, Galaxy S24 juga memiliki bagian belakang yang rata dengan bingkai datar pula.

Desain kamera belakang Galaxy S24 juga serupa dengan Galaxy S23, yakni tiga kamera "boba" yang disusun secara vertikal. Bedanya, Samsung diyakini merombak penempatan lampu kilat (flash) LED, dari mulanya di sebelah kamera paling atas, menjadi di antara kamera pertama dan kedua.

Selebihnya, penempatan tombol Galaxy S24 masih sama, seperti tombol power dan volume rocker tetap berada di bingkai sisi kanan bodi ponsel. Di bagian bawah terdapat port USB-C yang diapit slot kartu SIM, mikrofon, dan speaker.

Laporan SmartPrix menyebut, Galaxy S24 akan memiliki layar 6,1 inci seperti Galaxy S23, tetapi dengan dimensi bodi yang berbeda. Galaxy S24 bakal berdimensi 147 x 70,5 x 7,6 mm, sedangkan dimensi Galaxy S23 146,3 x 70,9 x 7,6 mm.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Belum Rilis, Bocoran Galaxy S24 Malah Sudah Beredar

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S24

Bocoran spesifikasi Samsung S24 series juga sudah bertebaran di internet. Misalnya, bocoran yang berasal dari seorang tipster (pembocor) gadget kenamaan di X/Twitter dengan handle @UniverseIce.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com