Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Dokumen Google Docs Tidak Bisa Diubah-ubah

Kompas.com - 02/12/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Google Documents (Gdocs) merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang bisa dimanfaatkan pengguna membuat dan membagi data secara real time. Pengguna juga bisa membagikan dokumen Gdocs dengan mudah dan fleksibel hanya dengan membagikan tautan Google dokumen.

Kendati demikian tak jarang dokumen yang dibagikan sering mengalami perubahan. Terlebih lagi dokumen yang memang bersifat publik dan ditujukan banyak orang. Isi dokumen yang berubah-ubah inilah tak jarang membuat autor asli memperbaiki berulang kali.

Hal ini tentu kurang efektif dan justru merepotkan. Maka dari itu agar dokumen tidak sengaja berubah, Anda bisa mengatur aksesnya dengan mode terbatas. Artinya, pengguna yang mengakses hanya bisa melihat tanpa mengubah atau mengedit Google Docs.

Lantas bagaimana caranya? Selengkapnya berikut ini tutotial membuat dokumen Google Docs tidak bisa diubah.

Baca juga: Cara Membuat Label di Google Docs untuk Undangan atau Merek

Cara buat dokumen Google Docs tidak bisa diubah-ubah

Ilustrasi cara membuat gdocs tidak bisa diubah ubahKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara membuat gdocs tidak bisa diubah ubah

  • Buka dokumen Google Docs Anda
  • Klik menu “Share” di bagian pojok kanan atas
  • Pada bagian “Restricted” klik “Anyone with link”
  • Klik fitur di pojok kanan dengan mode “Viewer”
  • Nantinya pengguna yang menerima dokumen hanya bisa melihat akses dokumen Anda tanpa bisa mengubah-ubahnya

Arti akses link dokumen

Akses link di Google Docs merujuk pada kemampuan untuk membuka atau melihat dokumen yang dibagikan melalui tautan (link) yang disediakan. Dalam konteks Google Docs atau Google Drive, tautan ini dapat dibuat untuk memberikan akses kepada orang lain untuk melihat atau mengedit dokumen tertentu. Berikut ini beberapa artinya:

  • Lihat Saja (View Only): pengguna yang membuka tautan hanya dapat melihat isi dokumen tanpa dapat mengeditnya.
  • Beri Komentar (Comment Only): pengguna bisa memberikan komentar pada dokumen, tetapi tidak dapat mengubah isi dokumen itu sendiri.
  • Edit (Edit): pengguna bisa membuka tautan dapat mengedit isi dokumen, memberikan komentar, dan melakukan perubahan lainnya.

Dalam konteks keamanan dan privasi, penting untuk memastikan bahwa tautan tersebut dibagikan dengan orang-orang yang seharusnya memiliki akses dan untuk memahami jenis izin yang diberikan oleh pemilik dokumen.

Baca juga: Cara Cek Typo Skripsi di Google Docs Otomatis dan Mudah

Demikian ulasan mengenai cara membuat dokumen Google Docs agar tidak bisa diubah-ubah beserta arti akses link pada Gdocs. Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com