Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Sudah Pulihkan Google Docs, Bukan Diblokir tapi Kesalahan Teknis

Kompas.com - 22/09/2023, 09:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan telah memulihkan akses ke sejumlah layanan milik Google, seperti Google Docs, Google Sheets, hingga Google Slides, pada Jumat (22/9/2023) pagi.

"Sudah dipuhlihkan (akses ke layanan Google Docs, dll)," kata Usman Kansong selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Jumat pagi.

Sebelumnya, layanan-layanan produktivitas berbasis cloud milik Google itu dikeluhkan warganet tak bisa diakses sejak Kamis (21/9/2023) malam.

Baca juga: Google Docs dkk Dikeluhkan Tidak Bisa Dibuka sejak Kamis Malam

Menurut Usman, layanan Google Docs, Sheets, dan lainnya itu sempat tidak bisa diakses karena kesalahan teknis, bukan masuk daftar blokir Trust Positif Kominfo.

"Tidak masuk daftar blokir, hanya karena problem teknis," ujar Usman.

Namun, hal ini berbeda dengan temuan dan keluhan sebagian masyarakat Indonesia di platform X/Twitter pada Kamis (21/9/2023) malam hingga dini hari.

Masih ada yang belum bisa

Pantauan KompasTekno pada Jumat pagi, masih ada yang belum bisa mengakses Google Docs, Google Slides, Google Sheets, Google Forms.

Zul, salah satu tim KompasTekno mengaku masih tidak bisa mengakses layanan Google tersebut hingga sekitar pukul 09.00 WIB.

"Google Docs, Sheets, Slides masih tidak bisa diakses lewat browser atau aplikasi. Ganti akun dan ganti internet (WiFi/seluler) juga sama saja, tidak bisa diakses," katanya.

Ketika mencoba mengakses Google Docs, Zul justru mendapati jendela "error, unable to connect" di browser dan "can't open doc" di aplikasi, seperti gambar di bawah.

Layanan Google Docs, Sheet, dan Slide, tidak bisa diakses pada Jumat (22/9/2023).KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Layanan Google Docs, Sheet, dan Slide, tidak bisa diakses pada Jumat (22/9/2023).
Sempat diblokir Kominfo?

Sejumlah pengguna Twitter melaporkan bahwa nama Google Docs sempat masuk daftar blokir Kementerian Kominfo.

Dalam video yang diunggah pengguna @vincentpiano77, ketika membuka Google Docs, ia justru mendapati jendela merah dengan keterangan "SITUS DIBLOKIR".

Dari beberapa tangkapan layar yang diunggah pengguna Twitter, alamat docs.google.com juga tampak terjaring mesin sensor internet AIS.

"Semalam di-block, tapi sudah dilepas lagi," tulis pengguna dengan handle @sushisusashimi.

Tangkapan layar serupa juga dibagikan pengguna dengan handle @MardiantaPA dan @Irfan3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com