Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp dengan Kode Rahasia, Sudah Bisa Dicoba

Kompas.com - Diperbarui 31/01/2024, 08:42 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp atau biasa disingkat WA, tampaknya baru saja menggelontorkan fitur Secret Code untuk menyembunyikan chat dengan kode rahasia. Pengguna mungkin tertarik untuk mencoba cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia itu.

Perlu diketahui, Secret Code WA merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan chat yang telah dikunci dengan kode rahasia, yang dapat dibuat sendiri secara bebas sesuai keinginan.

Baca juga: Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Lagu TikTok, Mudah

Secret Code WA menjadi satu bagian dalam fitur Lock Chat, yang telah digelontorkan lebih dulu sejak Mei lalu. Dengan Secret Code WA, chat yang telah dikunci menggunakan fitur Lock Chat bisa disembunyikan dengan kode rahasia.

Sebagai informasi, saat pengguna mengunci chat dengan fitur Lock Chat, chat bakal tersimpan dalam folder “Locked Chats” yang muncul di bagian paling atas daftar pesan, berbarengan dengan folder “Archived” jika diaktifkan.

Folder “Locked Chats” yang berisi chat terkunci itu kini bisa disembunyikan dengan menambahkan kode rahasia. Setelah kode rahasia ditambahkan, folder “Locked Chats” bakal disembunyikan dari bagian paling atas daftar pesan.

Untuk menemukan chat yang dikunci, pengguna bisa memasukkan kode rahasia yang telah ditambahkannya. Fitur Secret Code WA ini dapat meningkatkan privasi pengguna ketika ponselnya sedang dipinjam orang lain.

Dengan demikian, orang lain yang tengah meminjam ponsel pengguna tak akan bisa sembarangan membuka chat penting yang dikunci pengguna karena untuk menemukannya perlu memasukkan kode rahasia yang dibuat lewat fitur Secret Code WA.

Lantas, bagaimana cara mengunci chat WA pakai Secret Code? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengunci chat WA pakai Secret Code.

Cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia

Cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia itu cukup mudah. Pertama-tama, pengguna perlu untuk mengunci chat dari daftar pesan di aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Setelah chat masuk di folder “Locked Chats”, pengguna baru bisa menambahkan kode rahasia dan menyembunyikannya dari bagian paling atas di halaman daftar pesan.

Baca juga: 50 Arti Emoji WhatsApp yang Sering Dipakai, Lengkap dengan Gambarnya

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  • Untuk diketahui, Lock Chat WA membutuhkan sistem keamanan pemindai sidik jari atau pemindai wajah yang terdapat di HP. Jadi, pastikan telah mengaktifkan sistem keamanan tersebut di HP sebelum mengunci chat WA.
  • Setelah dipastikan aktif, pilih salah satu chat pada daftar pesan di aplikasi WhatsApp yang ingin dikunci. Ketuk dan tahan chat tersebut, lalu pilih menu “Lock Chat”.
  • Setelah itu, chat WA yang dikunci bakal masuk dalam folder “Locked Chats”, yang bisa dijumpai pada bagian paling atas daftar pesan.
    Ilustrasi cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia.
  • Untuk mulai menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia, silakan buka folder “Locked Chats”.
  • Kemudian, klik opsi “Settings”.
  • Lalu, aktifkan opsi “Secret Code” dan tambahkan kode rahasia yang dapat dibuat secara bebas. Kode rahasia dapat disusun dari huruf, angka, simbol, dan emoji.
    Ilustrasi cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia.
  • Setelah ditambahkan, aktifkan opsi “Hide Locked Chats”.
  • Kemudian, pakai kode rahasia yang tadi telah dibuat untuk menyembunyikan chat terkunci.
    Ilustrasi cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia.
  • Selanjutnya, folder “Locked Chats” yang berisi kumpulan chat-chat terkunci bakal disembunyikan dari daftar pesan di aplikasi WhatsApp.
  • Pengguna bisa mencari chat yang disembunyikan dengan memasukkan kode rahasia yang tadi telah dibuat pada kolom pencarian di aplikasi WhatsApp.
  • Jika kode sesuai, bakal muncul folder “Locked Chats” dan bisa dibuka oleh pengguna menggunakan sistem keamanan pemindai sidik jari atau pemindai wajah.
    Ilustrasi cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia.

Cukup mudah bukan cara mengunci chat WA pakai Secret Code? Dengan cara di atas, pengguna bisa lebih mengamankan chat-chat penting yang telah dikunci lewat fitur Lock Chat dengan menyembunyikannya pakai kode rahasia.

Alhasil, tak sembarang orang dapat menemukan dan membuka chat penting tersebut. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara menyembunyikan chat WA dengan kode rahasia secara mudah.

Sebagai informasi tambahan, fitur Secret Code WA sejatinya sudah diumumkan sejak awal Desember kemarin. Namun, fitur tersebut tampaknya belum digelontorkan secara menyeluruh pada pengguna secara umum.

Kini, pengguna sudah bisa mulai mencoba fitur itu untuk menyembunyikan chat WA dengan secret code. Untuk diketahui, tutorial di atas dilakukan pada aplikasi WhatsApp versi 23.25.80 untuk iPhone.

Baca juga: Ada Stiker Spotify Wrapped 2023 di WhatsApp, Begini Cara Menambahkannya

Jika belum mendapatkan fitur Secret Code WA, cobalah untuk memperbarui versi aplikasi WhatsApp lewat masing-masing toko aplikasi di HP. Selain itu, harap bersabar karena fitur ini mungkin masih digelontorkan secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com