Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Fitur AI One UI 6.1 di Samsung Galaxy S24

Kompas.com - 14/12/2023, 08:02 WIB
Lely Maulida,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - One UI 6.0 kini menjadi antarmuka terbaru Samsung untuk sederet ponselnya. Kabar terbaru menyebutkan Samsung sedang menyiapkan pembaruan One UI 6.1 yang akan dibekali sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Salah satu fitur berbasis AI yang konon bakal hadir di One UI 6.1 adalah fitur yang akan menjaga kesehatan baterai smartphone. Fitur lainnya yaitu AI generatif yang memungkinkan pengguna membuat wallpaper sendiri lewat perintah berbasis teks.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Belum Dirilis, Tanda-tanda Masuk Indonesia Sudah Ada

One UI 6.1 kabarnya bakal rilis di Samsung Galaxy S24 yang kemungkinan meluncur tahun depan. Berikut beberapa bocoran fitur One UI 6.1 seperti beredar di internet.

Custom wallpaper dengan AI

Menurut pembocor gadget Benit Bruhner Pro, One UI 6.1 akan membawa fitur generator wallpaper berbasis AI. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat custom wallpaper lewat perintah teks seperti halnya membuat gambar di ChatGPT atau Bing Image Creator.

Tipster itu juga membagikan screenshot yang menggambarkan bagaimana fitur itu menghasilkan wallpaper sesuai keinginan pengguna.

Bocoran fitur AI One UI 6.1@BennettBuhner Bocoran fitur AI One UI 6.1

Berdasarkan screenshot, pengguna bisa memasukkan nama subjek hingga latar belakang sebagai perintah. Kemudian AI akan menghasilkan wallpaper sesuai perintah. Selain di wallpaper, pengguna juga bisa menambahkan aneka efek untuk layar kunci ponsel.

Edit foto dengan AI

Samsung juga kabarnya menambahkan fitur berbasis AI untuk menyunting foto. Di One UI 6.1, konon pengguna bisa memindahkan objek dengan mekanisme drag-and-drop seperti di komputer atau laptop.

Bocoran fitur AI One UI 6.1@BennettBuhner Bocoran fitur AI One UI 6.1

Pengguna juga bisa memilih subjek atau objek dari satu gambar dan memasangnya di gambar lain. Selain itu, pengguna dapat menyunting gambar yang sudah ada di galeri. Misalnya untuk membuat gambar lebih simetris.

Menu edit foto di One UI 6.1 disinyalir juga akan memungkinkan mekanisme redo atau undo untuk mengembalikan atau mengulang proses editing.

Rangkuman catatan di Samsung Notes

Fitur bebasis AI lainnya yang kabarnya hadir di One UI 6.1 diterapkan di aplikasi Samsung Notes.

Di sini, pengguna bisa mendapatkan rangkuman dari catatan panjang yang sudah dibuat. Rangkumannya akan dibuat dalam beberapa poin, sehingga mudah dibaca dan dipahami.

Nantinya, Samsung Notes juga akan memungkinkan tulisan tangan diubah jadi teks.

Penerjemahan bahasa saat telepon

One UI 6.1 kabarnya juga akan dilengkapi fitur penerjemahan otomatis ketika pengguna bertelepon dengan lawan bicara yang berbeda bahasa. Kata-kata yang diucapkan bakal diterjemahkan secara real time.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy AI, Bisa Terjemahkan Panggilan Telepon

Sebelumnya, fitur ini sudah diumumkan Samsung sebagai fitur pertama yang didukung Samsung Gauss, yaitu AI model bahasa besar (Large Language Model, LLM) pertama dari perusahaan asal Korea Selatan itu.

Voice focus dan perlindungan baterai

Samsung juga menyematkan fitur Voice Focus di One UI 6.1. Fitur ini sudah tersedia di sejumlah smartphone kelas menengah dan entry level, termasuk Galaxy M33 5G dan A53 5G, tetapi bartu akan hadir di ponsel flagship lewat One UI 6.1.

One UI 6.1 kabarnya juga bakal hadir dengan fitur Adaptive Protection baru yang akan menjaga kesehatan baterai dengan mengisi daya ampai 80 persen, kemudian melanjutkannya sampai 100 persen sebelum pengguna bangun.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Gauss, Generatif AI Pesaing ChatGPT

Belum diketahui bagaimana mekanisme fitur itu ketika berjalan di ponsel. Beberapa fitur di atas juga baru sebatas bocoran dan belum diumumkan resmi oleh Samsung.

One UI 6.1 diduga akan rilis bersamaan dengan Samsung S24 series. Setelah debut di Samsung S24 series, antarmuka ini juga kabarnya akan diperluas ke ponsel Samsung lainnya, dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Kamis (14/12/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com