Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S24 Belum Dirilis, Tanda-tanda Masuk Indonesia Sudah Ada

Kompas.com - 06/12/2023, 18:05 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung diyakini sedang menyiapkan ponsel flagship generasi baru dari lini seri Galaxy S. Smartphone tersebut diduga kuat bernama Galaxy S24 series dan konon akan meluncur sekitar awal 2024 mendatang. 

Meski belum diperkenalkan, tanda-tanda kehadiran Samsung S24 di Indonesia sudah muncul. Sinyal kuat kehadiran Samsung S24 series di Tanah Air berasal dari situs sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Seperti pendahulunya, Galaxy S23 series, Samsung Galaxy S24 series disinyalir juga bakal hadir dalam tiga model, meliputi Samsung Galaxy S24 "reguler", Galaxy S24 Plus dan Galaxy S24 Ultra.

Menurut sejumlah bocoran yang beredar di dunia maya, masing-masing dari model itu punya nomor model SM-S921B, SM-S926B, dan SM-S928B untuk Galaxy S24 series versi global.

Nah, ketiga nomor model itu sekarang sudah muncul di laman TKDN Kemenperin. Menurut informasi di halaman tersebut, ketiga model Samsung S24 ini sudah mengantongi nilai TKDN sebesar 35,40 persen.

Laman TKDN Kemenperin juga menunjukkan bahwa smartphone dengan kode SM-S921B, SM-S926B, dan SM-S928B didukung dengan dukungan jaringan 5G.

Sayangnya tidak ada informasi lain, khususnya soal spesisifikasi Samsung S24 series yang disebutkan di laman itu. Namun, munculnya nomor model Samsung S24 di laman TKDN menjadi indikasi bahwa smartphone ini bakal meluncur di Indonesia meski belum diketahui waktunya.

TKDN Samsung Galaxy S24 series Kompas.com/Lely Maulida TKDN Samsung Galaxy S24 series

Adapun Samsung belum mengumumkan jadwal peluncuran Samsung S24 series baik secara global maupun di Indonesia. Menurut rumor yang beredar, ponsel andalan Samsung ini bakal meluncur awal 2024 dalam acara Galaxy Unpacked.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 FE Dipakai Memotret Konser Joyland Fest 2023, Begini Hasilnya

Acara peluncuran Samsung S24 series kabarnya bakal digelar di Amerika Serikat. Ini berbeda dengan Samsung Galaxy S23 series yang dirilis di Korea Selatan.

Informasi itu berasal dari media Korea Selatan, The Elec, yang berbicara dengan sumber anonim dari Samsung Electronics. Disebutkan juga pre-order Galaxy S24 akan dimulai sehari setelah peluncuran karena perbedaan zona waktu dengan AS.

Sebagai perbandingan, Samsung merilis Galaxy S23 series diketahui meluncur pada 1 Februari 2023 dan mulai dijual pada 17 Februari 2023 lalu.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S24 series

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S24 juga sudah bertebaran di internet. Misalnya, bocoran yang berasal dari seorang tipster gadget kenamaan di X/Twitter, @UniverseIce.

Samsung S24 reguler konon memiliki layar 6,2 inci dengan resolusi Full HD Plus dan tingkat kecerahan hingga 2.500 nits. Kemudian baterai 4.000 mAh dengan fitur pengisian cepat (fast charging) 25 watt.

Samsung S24 Plus disinyalir memiliki layar 6,7 ini dengan resolusi WQHD+ dan tingkat kecerahan hingga 2.500 nits. Lalu, ponsel ini bakal ditopang baterai 4.900 mAh dengan dukungan fast charging 45 watt.

Sebagai varian tertinggi, Samsung S24 Ultra kabarnya memiliki layar 6,8 inci dengan resolusi WQHD+ dan tingkat kecerahan hingga 2.500 nits. Baterainya konon 5.000 mAh dengan fast charging 45 watt.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com