Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Galaxy Tab A9 dan Tab A9 Plus Kids Edition di Indonesia

Kompas.com - 13/12/2023, 12:29 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi memboyong dua tablet terbarunya, yakni Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition, ke Indonesia. Seperti namanya, tablet ini dikhususkan untuk pengguna anak yang berusia dari 5 tahun sampai 12 tahun.

Duo Galaxy Tab A9 Kids Edition dilengkapi sejumlah fitur yang diklaim aman dan nyaman untuk anak-anak. Salah satunya dilengkapi aplikasi Samsung Kids yang memungkinkan anak-anak belajar, bermain, dan menuangkan kreavitivitasnya lewat beragam konten.

Baca juga: Menjajal Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G, Tablet 11 Inci Rp 4 Jutaan

Tampilan antarmuka Samsung Kids nantinya dapat disesuaikan untuk mengasah keterampilan baru, seperti pelajaran matematika, sains dengan gaya yang interaktif.

Ilustrasi anak-anak yang sedang menggunakan tablet Samsung Galaxy Tab A9 series Kids EditionSamsung Newsroom Ilustrasi anak-anak yang sedang menggunakan tablet Samsung Galaxy Tab A9 series Kids Edition

Para orangtua juga dapat membatasi waktu penggunaan layar (screen time) oleh anak, memantau aktivitas anak, hingga mengetahui aplikasi apa saja yang diakses. Seluruh laporan nantinya dapat diakses lewat usage dashboard dan activity report.

Galaxy Tab A9 series Kids Edition pun menghadirkan casing tahan benturan sehingga bisa lebih aman digunakan. Berikut ini rincian spesifikasi tablet Galaxy Tab A9 dan A9 Plus Kids Edition sebagaimana dituangkan Samsung dalam keterangan tertulisnya (13/12/2023).

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition

Tampilan layar depan Samsung Galaxy Tab A9 PlusSamsung Tampilan layar depan Samsung Galaxy Tab A9 Plus

Samsung Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition menjadi model teratas karena dilengkapi spesifikasi lebih mumpuni. Mulai dari bodi dan baterai lebih bongsor, refresh rate lebih tinggi, resolusi kamera lebih besar, dan sebagainya.

Tablet ini memiliki panel IPS LCD  11 inci (Full HD Plus, 90 Hz). Di bingkai layar terdapat kamera depan beresolusi 5 MP, sedangkan kamera belakangnya beresolusi 8 MP.

Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition mengandalkan Qualcomm Snapdragon 695 yang dipadu dengan dua opsi RAM 4/8 GB dan dua opsi penyimpanan 64/128 GB. Perluasan ruang penyimpanan bisa dilakukan hingga 1 TB menggunakan slot microSD yang tersedia.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A9 dan Tab A9 Plus: Spesifikasi dan Harga Resmi di Indonesia

Soal daya, tablet berbodi bongsor ini disokong baterai berkapasitas 7.040 mAh dengan pengisian daya 15 watt. Pengisian daya dapat dilakukan lewat port USB-C. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 dengan antarmuka OneUI 5.1.1.

Fitur pendukung lainnya terdiri dari dukungan jaringan 5G, perekaman video beresolusi Full HD, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, dan GPS.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Kids Edition

Ilustrasi Samsung Galaxy Tab A9 dengan fitur Quick ShareSamsung Ilustrasi Samsung Galaxy Tab A9 dengan fitur Quick Share

Samsung Tab A9 “reguler” Kids Edition punya bodi yang lebih ringkas dibanding saudaranya. Tablet ini datang dengan layar berukuran 8,7 inci (HD Plus, 60 Hz).Kamera depannya beresolusi 2 MP, sementara kamera belakang 8 MP.

Baca juga: Pasar Tablet Q3-2023: 32,7 Juta Unit dan iPad Teratas Disusul Galaxy Tab

Samsung Tab A9 Kids Edition mengandalkan chip MediaTek Helio G99. Kapasitas RAM dan media internalnya sama seperti Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition. Soal daya, Tab A9 Kids Edition dibekali baterai 5.000mAh.

Harga Samsung Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition

Kedua tablet sama-sama menawarkan satu warna saja, yakni Graphite. Kendati begitu, banderol mereka berbeda.

Galaxy Tab A9 Kids Edition dijual seharga Rp 3.299.000, sedangkan Galaxy Tab A9 Plus Kids Edition seharga Rp 4.999.000. Periode pemesanan (pre-order) perangkat dibuka mulai 12 Desember hingga 17 Desember 2023.

Pembeli yang memesan selama periode pre-order akan mendapatkan bonus Samsung Care Plus selama satu tahun, stiker khusus anak, travel adapter 20 watt, casing tahan benturan, dan stylus (pena digital) krayon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com