Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Terhubung di HP dengan Mudah

Kompas.com - 17/12/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara mengatasi WiFi tidak bisa terhubung di HP (handphone). Pasalnya, WiFi tidak bisa connect di HP dapat dikatakan merupakan masalah yang umum terjadi.

Saat masalah itu terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan karena jadi tidak bisa mengakses internet dari jaringan WiFi di HP. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna penting untuk mengetahui cara mengatasi WiFi tidak bisa connect di HP.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Password WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah dan Praktis

Namun, sebelum mengetahui caranya, sebenarnya kenapa WiFi tidak bisa tersambung di HP? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab WiFi tidak bisa tersambung di HP.

Penyebab WiFi tidak bisa tersambung di HP

Ada beberapa penyebab WiFi tidak bisa connect di HP yang perlu diketahui. Adapun penyebab yang paling umum terjadi adalah pengguna salah memasukkan kombinasi password atau sandi WiFi.

Kemudian, penyebab WiFi tidak bisa connect di HP yang lain adalah terdapat gangguan pada sistem HP. Selain, gangguan yang bisa menimbulkan WiFi tidak bisa tersambung di HP juga bisa datang dari router yang digunakan.

Gangguan-gangguan tersebut bisa diatasi secara mandiri jika terjadi masalah WiFi tidak bisa tersambung di HP. Lantas, bagaimana cara mengatasi WiFi yang tidak bisa tersambung di HP?

Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mengatasi WiFi tidak bisa terhubung di HP.

Cara mengatasi WiFi tidak bisa connect di HP

Ada beberapa cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung di HP. Misalnya, pengguna bisa memeriksa kembali komposisi password WiFi yang dimasukkan. Kemudian, untuk mengatasi gangguan pada sistem router, pengguna bisa melakukan restart router.

Selain contoh tersebut, masih terdapat cara lain untuk mengatasi masalah WiFi tidak bisa connect di HP. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi WiFi tidak bisa connect di HP adalah sebagai berikut.

1. Periksa kembali password WiFi yang dimasukkan

Pertama-tama, jika masalah HP tidak bisa connect WiFi terjadi, cobalah untuk memeriksa kembali password yang dimasukkan, apakah sudah sesuai atau belum. Kemudian, perhatikan juga format besar-kecil huruf dalam komposisi password yang digunakan.

Jika password WiFi terdapat komposisi huruf besar dan kecil, pengguna perlu memasukkannya secara akurat.

2. Pastikan koneksi WiFi di HP sudah aktif

Kedua, pengguna penting untuk memastikan bahwa koneksi WiFi di HP telah aktif. Pasalnya, jika belum aktif, HP tidak akan bisa memindai, membaca, dan menerima sinyal WiFi dari router.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui IP Address WiFi di Laptop atau Komputer dengan Mudah

3. Dekatkan HP dengan router

Berikutnya, cara mengatasi HP tidak bisa terhubung WiFi adalah mendekatkan HPdengan router. HP yang terlampau jauh dengan router bakal kesulitan untuk menerima sinyal WiFi, sehingga susah terhubung.

4. Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada HP

Keempat, untuk mengatasi HP tidak bisa connect WiFi, pengguna juga bisa mencoba untuk mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada HP. Pengguna bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di HP.

Kemudian, tunggu beberapa saat, lalu aktifkan kembali koneksi WiFi pada HP. Setelah itu, coba lagi untuk menghubungkan HP dengan perangkat router.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com