Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Aman Pakai WiFi Publik biar Terhindar dari Peretas

Kompas.com - 26/08/2023, 18:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Akses WiFi kini lebih mudah dan murah. Pasalnya di berbagai tempat umum/publik kini telah tersedia jaringan WiFi. Hal ini juga yang membuat sebagai orang memanfaatkan koneksi WiFi secara gratis hingga berbayar cukup terjangkau.

Kendati sangat mudah dan murah dalam mengaksesnya, WiFi publik juga rentan terhadap risiko pencurian data hingga peretas. Meskipun banyak WiFi di lokasi publik diklaim aman, namun tak ada salahnya untuk selalu tetap berhati-hati.

Maka dari itu berikut ini KompasTekno merangkum beberapa tips aman menggunakan WiFi publik agar terhindar dari peretas.

Baca juga: 5 Cara agar Sinyal WiFi di Rumah Makin Ngebut

Aktifkan otentikasi dua faktor di berbagai akun Anda

Salah satu aspek keamanan tambahan untuk melindungi akun dari peretas adalah mengaktifkan otentikasi dua faktor. Otentikasi dua faktor (2FA) adalah proses keamanan yang memerlukan dua metode atau "faktor" berbeda untuk mengonfirmasi identitas pengguna sebelum memberikan akses ke akun atau sistem tertentu.

Lapisan tambahan keamanan ini dapat mengantisipasi apabila ada peretas yang mencuri atau menebak kata sandi salah satu akun, maka mereka perlu memerlukan faktor kedua yang dikendalikan untuk mengakses akun Anda. Pengguna bisa mengaktifka fitur ini di e-mail, media sosial, dan lainnya.

Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

Penggunaan VPN adalah cara yang aman dan mudah untuk melindungi informasi Anda saat menggunakan Wi-Fi di tempat umum. VPN akan membuat data Anda aman dengan mengirimkannya melalui jalur private/rahasia. 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh aplikasi VPN ke ponsel atau tablet Anda dan pastikan untuk menyalakannya sebelum menggunakan WiFi publik.

Memantau konektivitas Bluetooth

Koneksi Bluetooth melalui WiFi publik dapat menjadi titik perantara akses yang sangat rentan untuk pencurian data dan identitas. Ada beberapa jenis peretasan yang akan digunakan peretas dunia maya untuk mengakses data Anda melalui Bluetooth.

Salah satunya adalah metode Blackjacking yaitu peretasan lewat Bluetooh yang sering terjadi. Biasanya ini terjadi saat peretas mencari perangkat apa pun yang dapat ditemukan di WiFi publik dan melakukan peretasan mirip dengan phising.

Rajin mengecek pembaruan aplikasi

Melakukan pembaruan aplikasi biasanya sering diabaikan oleh sebagian pengguna. Padahal, update aplikasi dapat membantu untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi bug. Hal ini dikarenakan ketika aplikasi diperbarui, maka sistem keamanan pun juga turut memiliki fungsi lebih optimal. Salah satunya menghindari peretasan terjadi saat atau usai menggunakan WiFi publik.

Sebisa mungkin menghindari menggunakan aplikasi pribadi di WiFi publik

Jika memungkinkan hindari menggunakan aplikasi pribadi, seperti mengakses e-mail, media sosial, dan perbankan. Hal ini dikhawatirkan jaringan WiFi publik yang Anda gunakan tidak aman sehingga peretas mudah sekali mengakses aplikasi-aplikasi pribadi dan penting tersebut.

Baca juga: 3 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Apabila ingin membuka beberapa aplikasi pribadi, pastikan jaringann WiFi aman. Selain itu ada baiknaya Anda dapat berlangganan paket internet dari operator seluler yang digunakan. Demikian beberapa tips aman menggunakan jaringan WiFi publik. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com