Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Oppo Find N3 Bisa Dipakai Main 3 Game Sekaligus

Kompas.com - 20/12/2023, 15:06 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find N3 memiliki layar utama (Main Screen) dengan ukuran yang cukup luas yakni 7,82 inci. Layar ini lebih besar dari pendahulunya, Oppo Find N2 yang memiliki layar 7,1 inci.

Karena lebih besar, layar utama Oppo Find N3 mendukung fitur Split View. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka tiga aplikasi sekaligus, termasuk game, dalam satu layar.

Dengan begitu, pengguna bisa mengakses tiga aplikasi penting atau memainkan tiga game sekaligus tanpa harus menutup aplikasi atau game tersebut satu per satu.

Fitur Split View bisa diakses melalui menu "Settings" > dan "Split View". Di laman Split View, pengguna bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur multitasking di Oppo Find N3, serta trik-trik yang bisa dipakai untuk memaksimalkan Split View.

Fitur Split View di Oppo Find N3 yang bisa tampilkan tiga aplikasi sekaligus.Kompas.com/BILL CLINTEN Fitur Split View di Oppo Find N3 yang bisa tampilkan tiga aplikasi sekaligus.

Adapun cara untuk membuka tiga aplikasi atau game sekaligus menggunakan Split View di Oppo Find N3 bisa disimak dalam langkah berikut ini:

  • Pertama-tama, buka aplikasi atau game pertama.
  • Lalu, kembali ke layar utama (home screen) dengan menekan tombol "Home" dan buka aplikasi atau game kedua.
  • Kemudian, kembali lagi ke home screen dan buka aplikasi atau game ketiga.
  • Selanjutnya, ketika layar menampilkan aplikasi atau game ketiga, tekan dan geser ikon aplikasi atau game kedua yang tampil di deretan ikon bagian bawah layar (Task bar). Pengguna bisa menggeser ikon aplikasi atau game kedua ke bagian bawah atau kanan aplikasi atau game ketiga.

Cara pakai fitur Split View di Oppo Find N3 yang bisa tampilkan tiga aplikasi sekaligus.Kompas.com/BILL CLINTEN Cara pakai fitur Split View di Oppo Find N3 yang bisa tampilkan tiga aplikasi sekaligus.

  • Lalu, ketika fitur Split View menampilkan dua aplikasi, tekan dan geser ikon aplikasi atau game ketiga dari Task bar. Pengguna bisa menggesernya ke kotak kecil yang menampilkan informasi "Release to add to Split View", sebagaimana tampak pada gambar di atas.
  • Selesai, tiga aplikasi atau game kini ditampilkan di layar utama Oppo Find N3 secara bersamaan, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Layar Mungil Oppo Find N3 Flip Bisa Dipakai untuk Main Game

Hal-hal yang perlu diketahui terkait Split View

Hal yang perlu diketahui tentang Split View ini adalah aplikasi atau game yang ketiga tidak bisa ditampilkan secara layar penuh (kondisi tampilannya terpotong).

Pada gambar di bawah, misalnya, game Mobile Legends (sebelah kanan) tak bisa tampil dengan sempurna karena layar sedang menampilkan game Genshin Impact dan Honkai Star Rail (atas dan bawah).

Nah, barulah apabila pengguna mengeklik area layar Mobile Legends, maka mereka akan disuguhkan dengan tampilan layar game tersebut secara utuh, sedangkan game Genshin Impact dan Honkai Star Rail secara bergantian akan memiliki tampilan yang terpotong.

Ilustrasi tiga game yang berjalan di layar utama Oppo Find N3.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi tiga game yang berjalan di layar utama Oppo Find N3.

Perlu diingat pula bahwa fitur Split View ini akan membuat perangkat cepat panas apabila aplikasi yang dijalankan merupakan aplikasi yang "rakus" hardware, seperti aplikasi berupa game.

Artinya, pastikan pengguna memainkan game dalam waktu singkat apabila ingin menjalankan tiga game sekaligus melalui fitur Split View.

Baca juga: Engsel Oppo Find N3 Flip Diklaim Tahan hingga 16 Tahun

Namun, apabila fitur Split View digunakan untuk membuka tiga aplikasi ringan, maka suhu ponsel akan tetap baik-baik saja alias tak akan terlampau panas.

Selain itu, ada sedikit aplikasi yang tak mendukung fitur Split View. Jika tak mendukung fitur ini, maka aplikasi akan dibuka dengan layar penuh seperti biasanya, tidak bisa bersampingan sebagaimana fitur Split View pada umumnya.

Pengguna Indonesia yang tertarik menjajal fitur Split View bisa meminang Oppo Find N3 di toko-toko resmi Oppo dengan harga Rp 30 juta (16 GB/512 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com