Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Bukti Samsung Galaxy S24 Bukan Smartphone, tapi AI Phone?

Kompas.com - 26/12/2023, 08:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung diyakini tengah bersiap lini ponsel flagship Galaxy S24 series yang meluncurkan pada pertengahan Januari 2024. 

Menurut rumor yang beredar, jajaran Samsung S24 yang tak lagi dipanggil sebagai smartphone konvensional, melainkan "AI Phone" (ponsel berbasis kecerdasan buatan).

Indikasinya, Samsung diketahui mendaftarkan beberapa merek dagang berupa sebutan untuk ponsel yang ditambahi embel-embel AI, yakni "

Trademark itu diyakini bakal dipakai untuk lini Samsung S24 untuk menonjolkan kemampuan AI di ponsel tersebut, meskipun belum tentu akan dikabulkan pengajuannya.

Menurut pembocor gadget (tipster) Benit Bruhner Pro, lini Samsung Galaxy S24 series bakal dibekali sistem antarmuka OneUI 6.1.

Sebagai AI Phone, kata Benit Bruhner Pro dalam sebuah utas X/Twitter, OneUI 6.1 di Samsung S24 series ini konon membawa 8 fitur AI untuk video, foto, telepon, hingga chatbot. Apa saja?

1. Fitur AI untuk stabilisasi video

Menurut bocoran Bruhner, Samsung S24 bakal memiliki fitur AI untuk mengurangi grain dalam video. Fitur AI ini juga meningkatkan stabilisasi, pencahayaan, dan lain sebagainya di video.

2. Hapus subjek di video

Samsung OneUI 6.1 konon juga membawa kemampuan menghapus subjek di video. Fitur ini tampaknya mirip dengan fitur object eraser (penghapus objek) untuk foto yang sudah ada saat secara bawaan di galeri ponsel Samsung.

3. Bisa bikin foto jadi wide

Bocoran fitur AI One UI 6.1@BennettBuhner Bocoran fitur AI One UI 6.1
Rumornya, fitur AI di Samsung S24 juga bisa menyulap foto di galeri menjadi lebih lebar. Kemungkinan fitur ini mirip seperti template AI Expand CapCut dan filter AI Outpainting di TikTok.

Masih soal foto, menurut tipster Benit Bruhner Pro, fitur AI di Samsung OneUI 6.1 juga bakal memungkinkan pengguna memindahkan objek dengan mekanisme drag-and-drop seperti di komputer atau laptop.

Pengguna juga bisa memilih subjek atau objek dari satu gambar dan memasangnya di gambar lain. Selain itu, pengguna dapat menyunting gambar yang sudah ada di galeri. Misalnya untuk membuat gambar lebih simetris.

Menu edit foto di One UI 6.1 disinyalir juga akan memungkinkan mekanisme redo atau undo untuk mengembalikan atau mengulang proses editing.

4. Chatbot AI

Samsung S24 diyakini juga memiliki chatbot AI. Chatbot ini disebut dapat melakukan tugas sederhana, seperti pertanyaan sederhana, perhitungan, dan hal-hal sederhana lainnya. Namun, Bruhner mengaku belum yakin apakah fitur chatbot AI ini akan tersedia saat peluncuran atau akan datang menyusul.

5. Fitur AI untuk telepon

Samsung OneUI 6.1 di Samsung Galaxy S24 series disebut juga bisa menyarankan tindakan setelah sesi panggilan.

AI akan memproses semua yang disebutkan dalam sesi telepon. Kemudian akan merekomendasikan tindakan tertentu seperti memasukkan jadwal ke dalam kalender, pekerjaan ke daftar tugas, atau hal lain yang disebutkan dalam panggilan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com