Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingkai Layar Samsung Galaxy S24 Ultra Bakal Makin Tipis

Kompas.com - 04/12/2023, 15:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Rumor soal Samsung Galaxy S24 mencuat lagi. Kali ini soal bezel S24 Ultra yang dikabarkan bakal dirancang sangat tipis.

Bocoran itu bermula dari pembocor gadget alias tipster kenamaan Ice Universe. Lewat microblog X (dulu Twitter), tipster itu menyebutkan bahwa Samsung S24 Ultra bakal hadir dengan bezel yang sangat tipis, khususnya untuk bezel sisi kanan dan kiri layar ponsel.

Ketebalan bezelnya itu, menurut Ice universe hanya 1,52 mm. Angka ini lebih tipis bila dibandingkan dengan bezel Samsung S23 Ultra karena ketebalannya lebih dari 2 mm.

Akan tetapi, bingkai bawah tengah Samsung S24 Ultra kabarnya akan dibuat setebal 1,85 mm. Angka ini konon membuat ponsel tersebut sebagai ponsel dengan bingkai paling tebal dalam sejarah.

Baca juga: Ini Bedanya Samsung Galaxy S24 Ultra dan S23 Ultra, Menurut Bocoran

Namun tipster itu tak memberikan contoh perbandingan ketebalan frame ponsel lainnya. Bila ditotal bezel dengan bingkainya, ukurannya adalah 3,37 mm atau 3,4 mm bila dibulatkan.

"Bezelnya hanya 1,52 mm, sangat tipis. Namun bingkai tengahnya sampai 1,85 mm, menjadikannya ponsel dengan bingkai paling tebal dalam sejarah. Jadi kalau dijumlahkan (bingkai dan bezel), totalnya 3,4 mm," kata tipster itu lewat akun X dengan handle @UniverseIce.

Sebagai pembanding, ukuran bezel bawah S22 Ultra adalah 2,6 mm. Bila ditotal dengan bingkainya, ketebalannya adalah 3,6 mm. Ukuran bezel dan frame S23 Ultra juga kurang lebih seperti pendahulunya.

Tampilan bezel bawah Samsung S24 Ultra menurut Ice Universe akan terlihat lebih tebal lagi, khususnya bila pengguna memilih Samsung S24 dalam kelir hitam. Untuk itu, dia menyarankan konsumen memilih kelir lainnya, ketika smartphone tersebut sudah resmi rilis.

Selain pada aspek bezel, Samsung S24 Ultra juga disebut-sebut akan hadir dengan tepi layar flat alias datar. Tidak lagi melengkung (curved) seperti tepi layar sisi kanan dan kiri Samsung S23 Ultra.

Baca juga: Kecemasan Bos Qualcomm Ungkap Chip Ganda Samsung Galaxy S24

Namun menurut tipster lainnya bernama @OnLeaks di X Twitter justru mengungkapkan bahwa layar Galaxy S24 Ultra memadukan desain melengkung dan datar secara bersamaan.

Masih soal layar, Galaxy S24 Ultra diyakini datang dengan tingkat kecerahan layar yang lebih tinggi, naik dari 1.750 nits di Galaxy S23 Ultra menjadi 2.000 nits.

Dijuluki AI Phone?

Peningkatan lainnya dari Sasmung S24 yang santer disebutkan di internet yaitu julukan ponsel tersebut yang konon akan disebut sebagai "AI Phone".

Julukan itu didasarkan pada pendaftaran merek dagang yang dilakukan Samsung di Uni Eropa dan Inggris.

Samsung diketahui mendaftarkan beberapa merek dagang berupa sebutan untuk ponsel yang ditambahi embel-embel AI, yakni "AI Phone" dan "AI Smartphone", di otoritas terkait di Uni Eropa dan Inggris.

Trademark itu diyakini bakal dipakai untuk lini Galaxy S24 untuk menonjolkan kemampuan AI di ponsel tersebut, meskipun belum tentu akan dikabulkan pengajuannya.

Baca juga: Bukan Smartphone, Samsung Galaxy S24 Bakal Dijuluki AI Phone?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com