Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mengatasi Mikrofon HP Android yang Eror

Kompas.com - 31/12/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkan Anda menerima panggilan telepon dari pengguna lain yang menyebutkan bahwa suara Anda tidak jelas? Hal ini terjadi tak semata karena sebab koneksi internet yang tidak stabil. Namun bisa jadi karena mikrofon HP atau ponsel Anda yang eror atau bermasalah.

Penyebab mikrofon eror juga terjadi karena berbaga hal. Salah satunya dari kondisi ponsel yang kotor karena kebiasaan tidak membersihkan ponsel secara rutin. Selain itu bisa jadi hal ini dikarenakan sistem operasi ponsel yang tidak diperbarui.

Tak hanya itu, pemasangan aplikasi ketiga juga memungkinkan perangkat atau sistem software mikrofon bermasalah. Dari segi masalah fisik, mikrofon juga bisa jadi eror akibat kerusakan perangkat keras akibat kesalahan penanganan pada ponsel Anda.

Lantas bagaimana cara mengatasi mikrofon ponsel yang eror? Selengkapnya berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Baca juga: Mikrofon Samsung Galaxy Note 10 Bisa Zoom in ke Suara

Cek akses mikrofon

Mikrofon yang dianggap eror bisa jadi karena pengguna lupa membuka akses mikrofon pada aplikasi tertentu. Tak jarang beberapa ponsel Android mengizinkan pengguna untuk menonaktifkan akses mikrofon secara manual.

Hal Ini berarti meskipun mikrofon itu sendiri berfungsi dengan baik, perangkat lunak memblokir aplikasi di ponsel Anda agar tidak menggunakannya.

Anda mungkin menonaktifkan akses mikrofon secara tidak sengaja dan lupa menyalakannya kembali. Maka dari itu, cobalah menuju setelan ponsel untuk mengizinkan audio atau mikrofon ponsel Anda.

Cek posisi casing

Cek posisi casing ponsel Anda. Bisa jadi mikrofon yang bermasalah akibat casing tidak sengaja menutup port mikrofon pada ponsel Anda.

Cobalah untuk membenahi posisi casing Anda dan menata posisi casing agar port mikrofon tidak tertutup. Setelah membenahi casing, cek ulang mikrofon ponsel dengan merekam suara atau menelepon pengguna lain.

Restart ponsel dan memperbarui sistem operasi

Tak jarang mikrofon yang eror dikarenakan terjadi bug dalam ponsel tersebut. Maka dari itu cobalah untuk melakukan restart ulang pada ponsel untuk mengatasi bug yang terjadi di mikrofon.

Apabila masih belum berhasil, cobalah untuk memperbarui sistem operasi ponsel. Memperbarui sistem operasi ponsel biasanya juga membantu pengguna untuk mengembalikan eror pada mikrofon.

Membersihkan port mikrofon

Salah satu penyebab mikrofon yang eror bisa jadi karena port mikrofon yang kotor. Port mikrofon HP yang kotor karena debu yang menumpuk bisa menjadi penyebab mikrofon bermasalah. Cobalah untuk membersihkan port dengan cotton bud.

Cek interferensi aplikasi pihak ketiga

Aplikasi pihak ketiga biasanya menjadi salah satu penyebab terbesar mikrofon eror. Biasanya aplikasi ini menganggu pengaturan telepon Anda. Untuk menentukan apakah masalah mikrofon Anda disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga atau bukan, Anda harus menjalankan ponsel Anda dalam mode aman, yang menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga untuk sementara.

Berikut cara mengaktifkan mode aman di ponsel Anda saat sudah aktif:

  • Tekan dan tahan tombol Daya ponsel Anda.
  • Di layar Anda, sentuh dan tahan opsi Matikan .
  • Setelah itu, Anda akan melihat mode Aman di bagian bawah layar Anda. Pilih ini untuk mem-boot ulang ke mode aman.

Baca juga: Cara Mute Mikrofon di Zoom lewat HP Android

Demikian cara mengatasi mikrofon HP Android yang eror. Cobalah untuk mencoba salah satu cara di atas, apabila mikrofon tetap eror maka Anda bisa mengunjungi service center.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com