Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggulkan Teknologi AI, Galaxy S24 Meluncur 17 Januari

Kompas.com - Diperbarui 04/01/2024, 09:42 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi mengumumkan tanggal digelarnya event tahunan Galaxy Unpacked 2024. Acara tersebut kuat diduga bakal menjadi ajang perkenalan lini ponsel flagship terbaru Samsung, yakni Galaxy S24 series.

Berdasarkan pengumuman yang dibagikan lewat situs Samsung Newsroom, Galaxy Unpacked akan digelar pada 17 Januari 2024 pukul 10.00 pagi waktu Amerika Serikat (AS) atau 18 Januari 2024 pukul 01.00 WIB.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Belum Dirilis, Tanda-tanda Masuk Indonesia Sudah Ada

Dalam pengumuman serupa yang diunggah ke akun Instagram Samsung Indonesia (@samsungindonesia), disebutkan bahwa acara itu akan disiarkan secara langsung (live streaming) di situs web Samsung.com, YouTube Samsung, dan Samsung Newsroom.

Dari cuplikan pengumuman yang diunggah, Samsung menggunakan animasi kubus yang dapat berubah menjadi tiga bintang disertai dengan jingle khas Samsung. Animasi teaser tersebut cukup berbeda dibandingkan dengan tahun lalu.

Pengumuman Galaxy Unpacked 2023 menyertakan gambar bergerak dan menampilkan tiga lingkaran, diakhiri dengan tulisan “Galaxy”. Tiga lingkaran tersebut diyakini sebagai gambaran tiga kamera Galaxy S23 series.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Samsung Indonesia (@samsungindonesia)

 

AI Phone

Di tahun ini, Samsung juga menggarisbawahi kemampuan fitur kecerdasan buatan bernama “Galaxy AI" di calon ponsel barunya. “Galaxy AI akan segera datang. Bergabunglah bersama kami di #SamsungUnpacked,” tulis Samsung.

Samsung Galaxy S24 series memang ditengarai bakal dibekali sejumlah fitur bertenaga AI. Menurut rumor yang beredar, Samsung S24 tak lagi dipanggil sebagai smartphone konvensional, melainkan "AI Phone" (ponsel berbasis kecerdasan buatan).

Indikasinya, Samsung diketahui mendaftarkan beberapa merek dagang berupa sebutan untuk ponsel yang ditambahi embel-embel AI, yakni "

Trademark itu diyakini bakal dipakai untuk lini Samsung S24 untuk menonjolkan kemampuan AI di ponsel tersebut, meskipun belum tentu akan dikabulkan pengajuannya.

Menurut pembocor gadget (tipster) Benit Bruhner Pro, OneUI 6.1 di Samsung S24 series ini konon membawa 8 fitur AI untuk video, foto, telepon, hingga chatbot.

Baca juga: Inikah Bukti Samsung Galaxy S24 Bukan Smartphone, tapi AI Phone?

Samsung Galaxy S24 kabarnya akan terdiri dari tiga model seperti pendahulunya, meliputi Samsung Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

Pre-order dibuka di hari yang sama

Bersamaan dengan acara Galaxy Unpacked 2024, Samsung juga bakal langsung membuka sesi pre-order untuk Galaxy S24 series di hari yang sama. Periode pemesanan dibuka sejak Galaxy Unpacked dimula di situs resmi Samsung Indonesia.

Untuk saat ini, pelanggan yang berminat memesan Samsung S24 series hanya dapat melakukan pendaftaran saja. Samsung menjelaskan pelanggan yang mendaftar akan menerima benefit berupa perlindungan dari Samsung Care Plus selama 1 tahun penuh.

Baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy S24, Termurah Rp 12 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com