Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Ponsel Premium Diprediksi Tumbuh 6 Persen pada 2023

Kompas.com - 03/01/2024, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar ponsel premium dunia di 2023 kemarin diprediksi akan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan firma riset pasar ponsel Counterpoint Research dalam laporan terbarunya.

Di riset itu, disebutkan bahwa Counterpoint Research memprediksi pasar ponsel premium disebut bakal meningkat 6 persen dibanding tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). 

Pasar ponsel premium sendiri menggambarkan kondisi pasar smartphone yang diisi oleh ponsel dengan harga 600 dollar AS (sekitar Rp 9,2 juta) ke atas.

Angka tersebut masih berupa prediksi saja, karena Counterpoint mengatakan bahwa laporan mengenai pasar ponsel premium kuartal IV-2023 saat ini masih dalam tahap awal.

Baca juga: Bisnis Samsung Untung Besar berkat Bisnis Display dan HP Flagship

Namun dari laporan itu, bisa diketahui bahwa volume penjualan pasar ponsel premium di 2023 naik tiga kali lipat (24 persen) dari total volume penjualan pasar ponsel premium di 2016 lalu.

Ilustrasi volume peningkatan penjualan pasar ponsel premium global 2023Counterpoint Research Ilustrasi volume peningkatan penjualan pasar ponsel premium global 2023

Senior Analyst Counterpoint Research, Varun Mishra mengatakan bahwa peningkatan pasar ponsel premium dunia di 2023 ini dipicu oleh kebiasaan konsumen yang telah berubah.

Menurut Mishra, konsumen saat ini leboh memilih dan rela membeli smartphone dengan harga yang lebih tinggi dan berkualitas, supaya bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

"Hal ini juga menjadi simbol dan ajang pamer untuk mereka, terutama di negara-negara berkembang. Biasanya di kawasan ini, konsumen yang membeli ponsel premium adalah mereka yang beralih dari perangkat kelas menengah," ungkap Mishra.

Baca juga: Siasat Sharp Bisa Jual HP Flagship di Indonesia Tanpa Bangun Pabrik

Mishra melanjutkan bahwa meningkatnya pasar ponsel premium dunia di 2023 turut dipicu oleh berbagai promosi dan kemudahan transaksi yang disediakan para vendor ponsel, mulai dari cicilan, program diskon liburan dan akhir tahun, dan lain sebagainya.

Apple masih memimpin

Masih soal pasar ponsel premium global, Counterpoint Research menyebut Apple masih unggul menjadi merek ponsel terlaris sepanjang 2023 kemarin. Dari total penjualan ponsel premium dunia di 2023, Apple mengambil porsi "kue" terbanyak hingga 71 persen.

Di bawah Apple ada Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, dan merek-merek lainnya (Others) dengan pangsa pasar (market share) 17 persen, 5 persen, 2 persen, 2 persen, 1 persen, dan 4 persen.

Ilustrasi pangsa pasar ponsel premium global di 2023.Counterpoint Research Ilustrasi pangsa pasar ponsel premium global di 2023.

Meski memimpin, pangsa pasar Apple turun 4 persen dari tahun sebelumnya, di sisi lain, Samsung, Huawei, dan Xiaomi memiliki peningkatan pangsa pasar 1 persen, 2 persen, dan 1 persen dari tahun 2022 lalu.

Counterpoint Research menilai hal ini disebabkan oleh kesuksesan yang didapatkan Huawei lewat ponsel terbarunya Mate 60 Series di China.

Kemudian, ponsel iPhone 14 Series dari Apple juga harus berhadapan dengan Galaxy S23 Series dan Galaxy Z Fold 5 serta Z Flip 5 dari Samsung.

Lebih lanjut secara wilayah, daerah yang paling banyak berkontribusi di penjualan ponsel premium global kali ini adalah China, Eropa Utara, India, Timur Tengah, dan Afrika.

Adapun segmen harga premium yang paling besar kontribusinya adalah ponsel ultra premium alias ponsel dengan harga di atas 1.000 dollar AS (sekitar Rp 15,4 juta).

Counterpoint Research mengeklaim ponsel dengan harga ini berkontribusi sekitar sepertiga dari total penjualan ponsel premium global di 2023, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CounterpointResearch, Rabu (3/1/2024).

Laporan lengkap Counterpoint Research mengenai pasar ponsel premium global di 2023 ini bisa dibaca di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com