Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Asisten AI Microsoft Copilot Kini Hadir di iPhone dan iPad

Kompas.com - 03/01/2024, 10:02 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Beberapa hari setelah merilis aplikasi Copilot untuk Android, Microsoft kini
juga menghadirkan asisten bertenaga AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) bikinannya itu di perangkat iPad dan iPhone.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Rabu (3/1/2024), aplikasi Microsoft Copilot sekarang sudah muncul di toko aplikasi resmi Apple App Store dan bisa diunduh.

Lewat aplikasi tersebut, pengguna iPad dan iPhone bisa menggunakan Microsoft Copilot (sebelumnya bernama Bing Chat) dengan cara mirip seperti aplikasi mobile Chat GPT.

Selain bisa menjawab pertanyaan, menulis draft e-mail, dan merangkum materi teks, aplikasi Copilot memungkinkan pengguna membuat gambar dengan prompt berkat integrasi text-to-image generator DALL-E3.

Aplikasi Microsoft Copilot kini sudah hadir dan dapat diunduh di iPad dan iPhone lewat toko aplikasi Apple App StoreKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Aplikasi Microsoft Copilot kini sudah hadir dan dapat diunduh di iPad dan iPhone lewat toko aplikasi Apple App Store


Baca juga: Microsoft Copilot Versi Android Resmi Meluncur, Mirip Aplikasi ChatGPT

Menariknya, tidak seperti aplikasi mobile Chat GPT yang berbasis GPT-3.5, Copilot menggunakan latest large language model (LLM) GPT-4 dari OpenAI yang sebenarnya merupakan layanan berbayar, tapi bisa diakses secara cuma-cuma dari aplikasi Microsoft ini.

Adopsi model bahasa tersebut membuat Microsoft Copilot semakin pintar, lebih cepat, akurat, dan lengkap dalam memberi jawaban, hingga memiliki kemampuan menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks.

Kegunaan Microsoft Copilot

Tangkapan layar (screenshot) tampilan aplikasi Microsoft Copilot di perangkat iPad. Asisten AI dapat menjawab pertanyaan dengan akurat dan lengkap dalam durasi yang terbilang singkat. Gambar ini juga ingin menunjukkan bahwa Microsoft Copilot dapat membuat rencana perjalanan yang cukup lengkapKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tangkapan layar (screenshot) tampilan aplikasi Microsoft Copilot di perangkat iPad. Asisten AI dapat menjawab pertanyaan dengan akurat dan lengkap dalam durasi yang terbilang singkat. Gambar ini juga ingin menunjukkan bahwa Microsoft Copilot dapat membuat rencana perjalanan yang cukup lengkap
Sejauh pengalaman KompasTekno menjajal fitur Microsoft Copilot di perangkat iPad, asisten AI ini dapat menjawab pertanyaan dengan lengkap dan akurat dalam waktu singkat, serta memberikan rekomendasi untuk memperdalam topik dan mencantumkan sumber jawaban.

Baca juga: Chatbot AI Microsoft Copilot Bisa Bikin Lagu Beserta Liriknya

Fitur-fitur yang dihadirkan juga dapat diakses secara cuma-cuma, alias gratis. Berbeda dengan ChatGPT yang mengharuskan pengguna berlangganan untuk mengakses fitur tertentu.

Ada beragam hal yang bisa dilakukan oleh Microsoft Copilot. Berikut ini sejumlah  contohnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Giz China, Rabu (3/1/2024).

  • Menulis draft e-mail
  • Membuat cerita atau naskah
  • Merangkum teks yang kompleks
  • Menerjemahkan konten dari berbagai bahasa
  • Membuat itinerary perjalanan yang disesuaikan dengan pengguna
  • Membuat dan memperbarui resume untuk lamaran pekerjaan
  • Mengkurasi konten media sosial
  • Membuat desain logo
  • Membuat background custom
  • Membuat dan memperbarui porfolio desain
  • Membuat ilustrasi untuk buku
  • Membuat visualisasi untuk film dan video

Pengguna iPhone dan iPad yang tertarik menjajal fitur di aplikasi Microsoft Copilot dapat mengunduh aplikasinya toko aplikasi Apple App Store di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com