Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Mengatasi iPhone yang Tidak Bisa Terhubung dengan WiFi, Mudah

Kompas.com - 07/01/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat panduan dasar untuk mengatasi beberapa masalah yang umum terjadi di iPhone. Salah satu panduan itu adalah cara mengatasi iPhone tidak bisa tersambung WiFi. iPhone tidak bisa connect WiFi merupakan masalah yang umum terjadi.

Jika sampai terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan karena jadi tidak bisa mengakses koneksi internet dari WiFi di iPhone. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi iPhone tidak bisa connect WiFi.

Baca juga: 2 Cara Melihat Password WiFi di HP Android dan iPhone dengan Mudah

Namun, sebelum mengetahui caranya, lantas sebenarnya kenapa iPhone tidak bisa terhubung WiFi? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab iPhone tidak bisa tersambung WiFi.

Penyebab iPhone tidak bisa connect WiFi

Ada beberapa penyebab iPhone tidak bisa connect WiFi yang perlu diketahui. Adapun penyebab yang paling umum terjadi adalah pengguna salah memasukkan kombinasi password atau sandi WiFi.

Kemudian, penyebab iPhone tidak bisa tersambung WiFi yang lain adalah terdapat gangguan pada sistem iPhone. Selain itu, gangguan yang dapat menimbulkan WiFi tidak bisa tersambung di iPhone juga bisa datang dari router yang digunakan.

Gangguan-gangguan tersebut pada dasarnya bisa diatasi secara mandiri jika terjadi masalah WiFi tidak bisa tersambung di iPhone. Lantas, bagaimana cara mengatasi WiFi yang tidak bisa tersambung di iPhone?

Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi iPhone tidak bisa terhubung WiFi.

Cara mengatasi iPhone tidak bisa terhubung WiFi

Ada beberapa cara mengatasi iPhone tidak bisa terhubung WiFi Misalnya, pengguna bisa memeriksa kembali komposisi password WiFi yang dimasukkan. Kemudian, untuk mengatasi gangguan pada sistem router, pengguna bisa melakukan restart router.

Selain itu, masih terdapat beberapa cara lain untuk mengatasi masalah iPhone tidak bisa connect WiFi. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi iPhone tidak bisa terhubung WiFi adalah sebagai berikut.

1. Periksa kembali password WiFi yang dimasukkan

Pertama-tama, jika masalah iPhone tidak bisa connect WiFi terjadi, cobalah untuk memeriksa kembali password yang dimasukkan, apakah sudah sesuai atau belum. Kemudian, perhatikan juga format besar-kecil huruf dalam komposisi password yang digunakan.

Jika password WiFi terdapat komposisi huruf besar dan kecil, pengguna perlu memasukkannya secara akurat.

2. Pastikan koneksi WiFi di iPhone sudah aktif

Kedua, pengguna penting untuk memastikan bahwa koneksi WiFi di iPhone telah aktif. Pasalnya, jika belum aktif, iPhone tidak akan bisa memindai, membaca, dan menerima sinyal WiFi dari router.

3. Dekatkan iPhone dengan router

Berikutnya, cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung di iPhone adalah mendekatkan iPhone dengan router. iPhone yang terlampau jauh dengan router bakal kesulitan untuk menerima sinyal WiFi, sehingga susah terhubung.

Baca juga: 5 Cara Melihat IP Address WiFi atau Router di Berbagai Perangkat, Mudah

4. Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada iPhone

Keempat, untuk mengatasi iPhone tidak bisa terhubung WiFi, pengguna juga bisa mencoba untuk mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada iPhone. Pengguna bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di iPhone.

Kemudian, tunggu beberapa saat, lalu aktifkan kembali koneksi WiFi pada iPhone. Setelah itu, coba lagi untuk menghubungkan HP dengan perangkat router.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com