Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S24 Dukung Fitur HDR Instagram, Bikin Konten di IG Jadi Lebih Ciamik

Kompas.com - 18/01/2024, 09:20 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Kabar baik bagi pencinta ponsel Samsung yang aktif di media sosial Instagram. Samsung Galaxy S24 series yang baru saja dirilis pada Kamis (18/1/2024) dini hari waktu Indonesia, bisa mengambil gambar dengan kualitas yang lebih ciamik saat diunggah ke Instagram.

Pasalnya, dalam ajang Unpacked 2024, Samsung mengumumkan kemitraan dengan media sosial Instagram dan Snapchat.

Melalui kemitraan ini, Instagram dan Snapchat akan dapat menjaga kualitas foto dan video yang diunggah di medsos tersebut menggunakan kamera Samsung S24 series. 

Artinya, fitur-fitur dari kamera asli Samsung S24 series, seperti nightography, Super HDR, dan video stabilization, akan bisa digunakan untuk mengambil foto atau merekam video menggunakan kamera Instagram atau Snapchat.

Selain itu, menurut VP Intelligent Samsung Research Samsung Dr. Hamid Sheikh, Samsung Galaxy S24 series juga menjadi ponsel pertama yang mendukung fitur High Dynamic Range (HDR) untuk pengambilan foto di media sosial Instagram (IG).

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra di Indonesia

HDR sendiri berfungsi untuk mengoptimalkan kontras warna di bagian foto yang gelap dan terang. Dengan demikian, foto yang diunggah di IG melalui Samsung S24 "reguler", Samsung S24 Plus, dan Samsung S24 Ultra, akan tampil lebih apik.

"Kami percaya semua orang punya imajinasi untuk menjadi kreator konten. Dengan Samsung Galaxy S24 series, Anda bisa membuat konten berkualitas profesional tanpa harus menggunakan peralatan tambahan," kata Dr. Hamid Sheikh dalam acara Galaxy Unpacked, di San Jose, Amerika Serikat, Kamis (18/1/2024).

Senada dengan Hamid, CEO Instagram Adam Mosseri juga mengatakan bahwa fitur HDR ini dapat meningkatkan kualitas foto yang diambil secara langsung melalui aplikasi Instagram.

"Fitur (Super HDR) meningkatkan kualitas foto yang dipotret lewat aplikasi Instagram dengan cahaya terang, bayangan, dan intensitas warna yang lebih mendetail," kata Adam Mosseri selaku Head of Instagram di kanal broadcast Instagram.

Perbandingan foto Super HDR dan Standard Dynamic Range (SDR) bisa dilihat di bawah ini. Terlihat bahwa foto yang dipotret dengan Super HDR terlihat lebih berwarna, lebih hidup, dan tidak pudar dibandingkan SDR.

Penjelasan Head of Instagram Adam Mosseri seputar fitur Super HDR di Samsung S24 series. Mosseri juga menunjukkan perbandingan antara foto SDR dan HDRInstagram Penjelasan Head of Instagram Adam Mosseri seputar fitur Super HDR di Samsung S24 series. Mosseri juga menunjukkan perbandingan antara foto SDR dan HDR
Hal ini dikarenakan Super HDR menawarkan cakupan warna dan tingkat kecerahan (brightness) yang lebih tinggi ketimbang SDR. Dengan begitu, tampilan gambar HDR lebih dinamis seperti namanya (high dynamic). 

Baca juga: 7 Fitur Galaxy AI yang Debut di Trio Samsung Galaxy S24

Aplikasi kamera bawaan Samsung S24 series bisa digunakan di Instagram dan SnapchatKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Aplikasi kamera bawaan Samsung S24 series bisa digunakan di Instagram dan Snapchat
Selain merilis fitur Super HDR di Instagram, Samsung juga mengumumkan kerja sama dengan Instagram untuk meningkatkan pengalaman mengedit, mengunggah (upload), dan menjelajahi (viewing) konten di Instagram. Pengguna juga bisa membuat Instagram Story langsung dari Motion Photo Samsung S24 series.

Samsung S24 series sudah bisa dipesan (pre-order) di Indonesia sejak Kamis (18/1/2024) pukul 01.00 WIB. Pengguna yang tertarik untuk membeli bisa menyimak spesifikasi, harga, dan bonus pre-order Samsung S24 series lewat tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com