Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fitur Galaxy AI yang Debut di Trio Samsung Galaxy S24

Kompas.com - 18/01/2024, 08:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SAN JOSE, KOMPAS.com - Tahun ini, Samsung berfokus menghadirkan teknologi AI (kecerdasan buatan) ke smartphone bikinannya, yakni lewat terobosan Galaxy AI. Galaxy AI ini debut pertama di trio Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra pada Kamis (18/1/2024) dini hari WIB.

Samsung mengatakan, Galaxy AI di Samsung S24 series akan menghadirkan cara baru dalam memudahkan aktivitas pengguna, seperti berkomunikasi tanpa hambatan serta mendorong produktivitas dan kreativitas dengan lebih mudah dan sederhana.

Pasalnya, teknologi Galaxy AI pun disematkan untuk aktivitas keseharian pengguna seperti teleponan, browsing, mengirim pesan, edit foto, hingga menulis catatan.

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra di Indonesia

"Hari ini, misi kami adalah untuk membuat semuanya menjadi kenyataan dengan Galaxy S24 Series yang dilengkapi dengan Galaxy AI," ujar President & Head MX Business Samsung, TM Roh di acara peluncuran di SAP Center, San Jose, AS, Rabu (17/1/2024).

"AI akan membawa perubahan dan inovasi besar dalam industri mobile, dan kami percaya Samsung Galaxy akan mendemokrasikan perubahan ini di dunia," lanjutnya.

Fitur Galaxy AI hadir secara bawaan di seluruh model Samsung S24 series di mana sudah menjalankan sistem operasi Android 14 dilapisi sistem antarmuka terbaru OneUI 6.1.

Berikut 8 fitur Galaxy AI yang ada di Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

fitur Libe Translate menjadi salah satu fitur di Galaxy AI, yang secara langsung menerjemahkan bahasa saat menelepon.Kompas.com/Galuh Putri Riyanto. fitur Libe Translate menjadi salah satu fitur di Galaxy AI, yang secara langsung menerjemahkan bahasa saat menelepon.

Live Translate

Live Translate berfungsi sebagai penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Ultra Resmi, Pertama dengan Galaxy AI, Bodi Titanium, Zoom Optis 5x

"Galaxy S24 Series hadir dengan fitur Real Time Voice Translation. Dengan ini, ponsel akan menerjemahkan bahasa asing secara otomatis ketika pengguna sedang menelepon, baik itu secara verbal maupun secara teks di layar," ujar Drew Blackard, VP Product Management Samsung.

Fitur ini berguna ketika pengguna sedang teleponan dengan teman orang asing. Skenario lain, fitur Live Translate ini bisa digunakan untuk memesan makanan hingga membuat reservasi restoran di luar negeri.

Sebagai on-device Galaxy AI, fitur ini terimplementasi secara langsung dalam telepon. Dengan begitu, pengguna tak perlu download aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya. Pun, fitur ini disebut tetap menjaga percakapan tetap aman.

Drew Blackard, VP Product Management Samsung menjelaskan fitur penerjemah AI di Samsung S24 Ultra di acara peluncuran di San Jose, AS, Kamis (18/1/2024).Kompas.com/Galuh Putri Riyanto. Drew Blackard, VP Product Management Samsung menjelaskan fitur penerjemah AI di Samsung S24 Ultra di acara peluncuran di San Jose, AS, Kamis (18/1/2024).

Interpreter

Fitur Galaxy AI bernama "Interpreter" ini memungkinkan dua orang melakukan percakapan secara langsung dalam dua bahasa yang berbeda, misalnya Korea dan Inggris. Nantinya, percakapan akan diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 dan S24 Plus Resmi, Bawa Galaxy AI dan 7x Upgrade OS Android

Fitur AI interpreter bisa ditemukan di panel Quick Access. Pengguna akan melihat ikon interpreter. Ketika di klik, pengguna akan melihat dua jendela spilt screen.

Masing-masing split screen bisa diatur sesuai bahasa orang yang sedang berbicara. Pengguna bisa mengetuk ikon mikrofon lalu berbicara dalam bahasa ibunya.

Nanti, fitur Interpreter akan menulis transkrip apa yang dibicarakan pengguna. Kemudian ucapan pengguna itu diterjemahkan ke bahasa ibu dari lawan bicara.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com