Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Flipside Meluncur, Indonesia Langsung Kebagian

Kompas.com - 26/01/2024, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram punya fitur baru yang dinamai dengan Flipside. Kehadiran  Instagram Flipside sudah "ramai" diperbincangkan di internet beberapa waktu lalu, namun fitur tersebut saat itu nampak belum tersedia di Indonesia.

Namun kini, Instagram secara diam-diam meluncurkan Flipside di Indonesia. Sejumlah pengguna yang sudah kebagian membagikannya di media sosial, termasuk KompasTekno sendiri.

Bagi yang sudah kebagian, akan muncul notifikasi dengan ikon "kunci" saat membuka Instagram, bertuliskan "Welcome to Flipside".

Fitur IG Flipside memungkinkan pengguna beralih ke laman pribadi mereka yang bisa digunakan untuk memposting foto, video, hingga Reels tanpa sepengetahuan orang, atau hanya bisa dilihat oleh kontak yang dipilih saja.

Baca juga: Kenapa Tidak Bisa Repost Instagram Stories? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laman Instagram Flipside bisa dikunjungi dengan mengeklik tombol "kunci" di pojok kanan bawah laman profil Instagram pengguna.

Setelah itu, Instagram akan menampilkan animasi seperti suatu laman "dibalik" atau "flip", sebelum menampilkan laman yang berisi foto atau video pribadi. Sehingga, wajar saja fitur ini disebut sebagai Flipside.

Ilustrasi tampilan Instagram Flipside.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi tampilan Instagram Flipside.

Lewat Flipside, pengguna bisa menambahkan sejumlah teman yang dianggap sangat dekat. Dengan begitu, mereka bisa melihat postingan foto atau video yang ada di laman Flipside suatu pengguna.

Nantinya, pengguna yang ditambahkan ke daftar teman dekat (close friend) Flipside akan diberi tahu via notifikasi, bahwa mereka telah dimasukkan ke dalam daftar Flipside oleh kerabatnya.

Baca juga: Aplikasi Berita Bikinan Pendiri Instagram Ditutup

Nah, pengguna yang ingin mem-posting sesuatu di Flipside cukup menekan tombol "+" yang ada di pojok kanan atas tampilan utama. Lalu, pilih jenis postingan yang ingin diunggah, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Setelah itu, mereka bisa mengatur detail postingan, dan di sini, pengguna otomatis akan bisa melihat bahwa opsi "Audience" berubah menjadi "Flipside".

Artinya, postingan tersebut hanya akan diunggah ke Flipside, bukan ke laman Instagram utama, dan hanya orang-orang yang sudah ditambahkan ke daftar teman dekat Flipside saja yang bisa melihat postingan tersebut.

Ilustrasi cara menggunakan Instagram Flipside.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi cara menggunakan Instagram Flipside.

Seperti tampak pada gambar di atas, postingan Flipside pengguna akan dimuat dalam sebuah laman berwarna hitam, dan laman ini berbeda dengan laman profil Instagram utama mereka.

Jika ingin kembali ke profil utama Instagram, pengguna bisa kembali mengeklik ikon yang menyerupai kunci yang ada di bagian kiri bawah laman Flipside.

Baca juga: Cara Hapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

Nah, saat ini Flipside tampaknya sudah tersedia bagi pengguna di Indonesia, setidaknya untuk kami.

Untuk mencoba fitur Flipside, pengguna di Indonesia bisa memperbarui (update) aplikasi Instagram mereka di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Jika belum mendapatkan fitur ini, pengguna agaknyaharus bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur baru Instagram biasanya disebar secara perlahan ke seluruh pengguna dalam beberapa waktu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com