Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan Flipside Instagram buat Bikin Profil Baru Mirip “Second Account”

Kompas.com - 26/01/2024, 12:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara mengaktifkan Flipside Instagram. Perlu diketahui, akhir-akhir ini, di media sosial seperti X (dulu Twitter), ramai warganet yang membicarakan fitur baru dari aplikasi Instagram (IG) tersebut.

Baca juga: Instagram Flipside Meluncur, Indonesia Langsung Kebagian

Salah satu keramaian itu muncul melalui akun base dengan handle @convomf. Dalam salah satu twitnya, terdapat pengirim yang menampilkan bahwa terdapat fitur baru Filpside IG yang muncul melalui ikon kunci, sebagaimana tertera di bawah ini.

Keramaian pembicaraan itu tak lepas dari keunikan fitur Flipside Instagram. Sebagai informasi, Flipside IG memungkinkan pengguna untuk membuat profil baru yang berbeda dan lebih privat dalam satu akun.

Jadi, pengguna bisa membuat profil khusus yang mirip dengan second account. Profil dan konten yang diunggah di profil Flipside hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu yang telah ditambahkan pengguna.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan Flipside Instagram? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengaktifkan Flipside Instagram yang lagi ramai di medsos karena bisa bikin profil jadi mirip second account.

Cara mengaktifkan Flipside Instagram

Cara mengaktifkan Flipside Instagram itu cukup mudah. Pengguna hanya perlu klik tombol baru berupa ikon kunci yang terdapat di halaman profil. Setelah itu, pengguna dapat mengatur profil sekundernya dan mulai mengunggah konten.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengaktifkan Flipside Instagram dengan mudah dan praktis adalah sebagai berikut:

Mengaktifkan Flipside Instagram

  • Buka halaman profil di aplikasi Instagram.
  • Setelah itu, klik ikon kunci yang terdapat di pojok kanan bawah halaman profil.
  • Kemudian, pengguna bakal dialihkan ke halaman profil baru untuk mulai membuat profil sekunder atau profil Flipside.

Ilustrasi cara mengaktifkan Flipside Instagram.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengaktifkan Flipside Instagram.

Mengatur profil Flipside IG

  • Setelah masuk di halaman profil Flipside, pengguna dapat mulai mengatur atau mengedit profil sekunder dengan klik ikon pena.
  • Bila halaman pengaturan profil Flipside telah terbuka, pengguna dapat menambahkan nama profil dan bio baru.
  • Kemudian, pengguna juga bisa menambahkan foto profil di profil Flipside.
  • Setelah itu, pengguna dapat klik opsi “Who can see your flipside” untuk menambahkan orang-orang terdekat yang bisa melihat profil dan konten dari profil Flipside ini.

Ilustrasi cara mengaktifkan Flipside Instagram.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengaktifkan Flipside Instagram.

Mengunggah konten di profil Flipside IG

  • Jika profil Flipside telah dibuat, pengguna bisa mulai mengunggah konten dengan klik ikon tambah.
  • Setelah itu, pengguna dapat mengunggah konten-konten seperti Story, Feed, dan Reels.
  • Konten tersebut bakal diunggah di profil Flipside yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu yang telah ditambahkan.

Cukup mudah bukan cara mengaktifkan Flipside Instagram? Dengan cara di atas, Dengan cara di atas, pengguna bisa membuat profil tersendiri yang mirip second account, tanpa perlu repot-repot membuat akun baru.

Sebagai informasi tambahan, sebagian pengguna mungkin belum terlalu memahami sebenarnya apa itu Flipside Instagram. Lantas, apa itu Flipside IG? Jika tertarik mengetahui lebih jauh, berikut adalah penjelasan soal apa itu Flipside IG.

Apa itu Flipside IG?

Flipside IG adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat profil khusus atau profil baru yang lebih privat dan berbeda dari profil utamanya dalam satu akun Instagram. Fitur ini mewadahi pengguna yang ingin menampilkan sisi lain dirinya dengan privasi yang tetap terjaga.

Pengoperasian Flipside Instagram bisa dibilang mirip second account, sebagaimana yang ramai diungkapkan oleh warganet. Bedanya, pengguna tak perlu membuat akun baru untuk menampilkan profil yang berbeda dalam Flipside Instagram.

Perlu diketahui, second account adalah akun sekunder yang biasa dijadikan pengguna sebagai tempat untuk membagikan berbagai unggahan privat, hanya ke orang-orang terdekat. Second account itu terpisah dari akun utama pengguna.

Dengan Flipside Instagram, pengguna bisa membuat profil yang mirip second account dengan lebih mudah. Pengguna bisa membuat profil diri yang berbeda dengan profil utamanya dalam satu akun Instagram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com