Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Kini Ingatkan Pengguna Istirahat Saat Malam

Kompas.com - 19/01/2024, 15:07 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Instagram (IG) menghadirkan fitur baru yang akan memperingatkan pengguna untuk berhenti memakai aplikasi saat malam hari. Peringatan ini diterapkan Instagram untuk pengguna kalangan remaja.

Fitur baru ini diumumkan induk Instagram, Meta, lewat laman resminya. Menurut Meta, tidur adalah hal penting bagi generasi muda,sehingga peringatan agar pengguna muda berhenti main IG pada malam hari diperlukan.

"Tidur merupakan hal yang penting, terutama bagi generasi muda, jadi kami meluncurkan rekomendasi malam hari," demikian keterangan Meta mengumumkan fitur baru Instagram, dikutip KompasTekno dari blog resmi Meta, Jumat (19/1/2024).

Ketika pengguna remaja sudah menghabiskan waktu di IG selama lebih dari 10 menit, peringatan itu akan muncul di tampilan aplikasi. Kemudian IG menyarankan pengguna untuk lekas istirahat.

"Waktunya istirahat? Sekarang sudah larut. Coba tutup Instagram malam ini," demikian bunyi peringatan itu.

Menurut pihak Instagram, peringatan itu akan muncul otomatis setelah pukul 10.00 malam. Selain muncul otomatis, peringatan ini tidak bisa dimatikan. Artinya, tidak ada opsi bagi pengguna untuk mencegahnya muncul pada waktunya.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Dukung Fitur HDR Instagram, Bikin Konten di IG Jadi Lebih Ciamik

Meski begitu, pengguna bisa menutup pop-up peringatan yang muncul dan kembali scrolling Reels atau lainnya di Instagram.

Fitur ini menjadi pelengkap dari sejumlah fitur yang ditujukan Instagram untuk mengendalikan penggunaan aplikasi di kalangan remaja.

Sebelumnya, Instagram sudah menyediakan fitur "Take a Break" yang akan menampilkan peringatan bagi pengguna untuk instirahat dari IG.

Ada pula fitur "Quite Mode" yang memungkinkan pengguna remaja membuat notifikasi menjadi senyap. Fitur ini juga akan memberitahu orang lain bahwa pengguna terkait tidak tersedia selama beberapa waktu, dilansir KompasTekno dari Tech Crunch.

Tak hanya itu, pekan lalu, induk Instagram menyatakan akan membatasi konten yang bisa dilihat pengguna remaja di Instagram dan Facebook.

Akun remaja nantinya akan dilarang melihat konten berbahaya seperti konten yang memuat tindakan menyakiti diri sendiri, kekerasan, dan lain sebagainya.

Digugat 33 negara bagian AS

Sejumlah upaya di atas dilakukan setelah Meta didesak untuk lebih melindungi pengguna muda.

Meta juga sedang menghadapi gugatan dari 33 negara bagian Amerika Serikat (AS), termasuk California dan New York, karena dinilai memicu krisis kesehatan mental pengguna, khususnya kalangan remaja.

Cara menonaktifkan komentar di Instagram.Unsplash/Solen Feyissa Cara menonaktifkan komentar di Instagram.

Gugatan ini dilayangkan pada Oktober 2023. Meta dinilai sengaja mendorong anak-anak dan remaja ke media sosial yang membuatnya kecanduan. Motifnya, tak lain demi keuntungan perusahaan.

Baca juga: Medsos Favorit Remaja AS Ternyata Bukan TikTok atau Instagram

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com