Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh padahal Aplikasi Sedikit, Mudah

Kompas.com - 12/02/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa masalah yang umum terjadi dalam mengelola memori penyimpanan iPhone. Salah satunya seperti masalah memori penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit.

Dalam hal ini, pengguna kiranya perlu mengetahui cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit. Memori penyimpanan iPhone bakal penuh seiring dengan bertambahnya data yang disimpan.

Baca juga: 3 Cara Merekam Layar di iPhone dengan Mudah, Tanpa Aplikasi Tambahan

Salah satu data yang bisa berkontribusi besar dalam membuat memori penyimpanan iPhone menjadi penuh adalah banyaknya aplikasi yang terinstal. Namun, dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin tak banyak menginstal aplikasi.

Akan tetapi, memori penyimpanan iPhone malah penuh. Penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit merupakan masalah yang umum terjadi, tetapi bisa cukup membuat pengguna kerepotan.

Pasalnya, saat memori penyimpanan iPhone penuh, pengguna jadi tidak bisa menambahkan atau memperbarui data yang lebih penting ke iPhone. Misalnya, pengguna jadi tak bisa memperbarui sistem operasi dan menyimpan dokumen penting di iPhone.

Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit. Lantas, bagaimana cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit.

Penyebab penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit

Sebelum mengetahui caranya, pengguna kiranya perlu memahami dulu penyebab penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit. Lantas, kenapa penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit?

Perlu diketahui, banyaknya aplikasi yang terinstal hanya salah satu faktor yang menyebabkan penyimpanan iPhone penuh.

Penyimpanan iPhone penuh bisa disebabkan oleh faktor lain. Misalnya, penyebab penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit bisa ditimbulkan lantaran data dan dokumen di aplikasi itu sudah banyak menumpuk.

Saat data di aplikasi menumpuk, ukuran file aplikasi bisa membengkak dan memenuhi memori penyimpanan iPhone. Penyebab penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit yang berikutnya adalah menumpuknya file media, seperti foto, video, dan gambar.

Berikutnya, penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit juga bisa disebabkan karena menumpuknya file-file pengguna di aplikasi File, seperti dokumen, gambar, atau file lain yang bersumber dari unduhan di browser Safari.

Itulah beberapa penyebab penyimpanan iPhone penuh padahal aplikasi sedikit. Untuk melihat faktor apa saja yang membuat penyimpanan iPhone penuh, pengguna bisa mengunjungi menu pengaturan.

Setelah itu, klik menu “General” dan pilih opsi “iPhone Storage”. Di opsi itu, pengguna bakal bisa melihat daftar pemakaian penyimpanan iPhone. Dari daftar tersebut, pengguna dapat mengidentifikasi apa saja yang membuat memori penyimpanan iPhone jadi penuh.

Ilustrasi cara melihat penyimpanan di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat penyimpanan di iPhone.

Setelah memahami penyebabnya, berikut adalah cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh dengan mudah dan praktis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com